Cara Alami Mengobati Penyakit Tipes

by
June 20th, 2014 at 2:20 pm

CiriCara.com – Bila Anda mengalami demam tinggi, waspadalah mungkin Anda menderita penyakit tipes atau tifus. Ciri-ciri penyakit tipes secara umum ditandai dengan naiknya suhu tubuh menjadi 40 derajat celcius yang diikuti pula dengan sakit kepala. Penyakit tipes disebabkan karena infeksi bakteri salmonella typhi yang menyebar melalui saluran pencernaan. Pada beberapa kasus, bahkan penyakit tipes bisa mengancam jiwa pasien.

Gejala yang ditimbulkan penyakit tipes bisa dikurangi dengan pemberian obat antibiotik dan vaksin. Tapi sebagian orang, khususnya masyarakat pedesaan, lebih suka melakukan pengobatan secara alami yang cukup efektif mengurangi infeksi. Selain itu, tidak perlu pula membayar mahal untuk berobat ke rumah sakit atau membeli obatnya. Beberapa bahan alami berikut ini bisa membantu mengurangi gejala akibat penyakit tipes.

1. Kunyit

Kunyit / Ist

Kunyit / Ist

Bahan:

  • 3 ruas kunyit
  • 2 lembar daun sambiloto
  • 1 serai

Petunjuk:

Tumbuk semua bahan hingga halus lalu seduh dengan air hangat. Anda bisa menyaring airnya untuk hasil yang lebih bersih. Minumlah setiap hari berturut-turut selama satu minggu.

Kunyit telah lama digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi beberapa penyakit, salah satunya tipes. Kunyit dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengandung vitamin C dan E yang bekerja sebagai antioksidan. Selebihnya, kunyit kaya akan fiber, iron, potassium, magnesium dan vitamin B6 yang juga bisa mengatasi masalah pencernaan dan mengatur kadar gula darah.

Comment di sini