Reaksi Prabowo Terhadap Pernyataan Wiranto

by
June 20th, 2014 at 1:19 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Seperti yang sudah dibeberkan Wiranto bahwa Prabowo terlibat kasus penculikan 1998, kini mantan Komandan Jenderal Kopassus yang tengah maju sebagai calon presiden ini pun menunjukkan reaksinya. Prabowo sepertinya enggan untuk menanggapi pernyataan Mantan Panglima ABRI Jenderal Purnawirawan Wiranto yang menudingnya sebagai otak di balik kasus penculikan sejumlah aktivis pro-demokrasi yang terjadi menjelang pelaksanaan pemilu tahun 1997 dan Sidang Umum Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) tahun 1998. Terlebih, sebelumnya Prabowo pernah membantah tentang keterlibatannya pada kasus tersebut.

Prabowo / Tempo

Prabowo / Tempo

Ditemui usai menghadiri pertemuan bersama tokoh masyarakat Papua di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Kamis (19/6/2014), Prabowo menanggapi pertanyaan wartawan dengan sangat singkat, terkesan tidak mau terlalu menanggapi atau mengomentarinya. “Tanya saja mereka. Makasih ya Mas,” ujarnya.

Sebagai pihak yang meluruskan teka-teki keterlibatan Prabowo pada kasus penculikan, Wiranto membantah bahwa dirinya turut bertanggungjawab pada tragedi menyayat hati tersebut. Menurutnya, masalah tersebut sepenuhnya karena inisiatif Prabowo.

“Saya ingin menjernihkan permasalahan tersebut. Dalam satu kasus seperti penembakan, kerusuhan dan penculikan memang ada pihak-pihak yang terlibat dan bertanggung jawab,” kata Wiranto seperti yang dilansir Okezone.

Wiranto menduga bahwa ada dalang di balik peristiwa penembakan, kerusuhan, dan penculikan pada tahun menjelang pemilu 1997 itu. Dengan kata lain, pihak tersebut membiarkan peristiwa itu terjadi tanpa adanya aksi untuk mencegah, mengusut, serta menghukum pelaku penculikan.

Wiranto sendiri membela diri bahwa sebagai Panglima ABRI pada saat itu, ia tidak mungkin menjadi salah satu dalang penembakan dan penculikan. Sebaliknya, ia bertugas untuk tidak membiarkan tragedi tersebut terjadi. Jika memang ia terlibat pula pada aksi anarkis tersebut, tambahnya, mungkin ratusan korban berjatuhan dan negara Indonesia sudah hancur seperti Thailand, Mesir dan Syiria. (MD)

Comment di sini