5 Cara Makan Sehat Selama Ramadhan

by
June 23rd, 2014 at 2:09 pm

CiriCara.com – Siapkah Anda menyambut bulan penuh berkah, bulan Ramadhan? Kita akan diwajibkan menjalankan puasa satu bulan penuh, maka sangat penting untuk memilih makanan yang tepat agar tubuh tetap sehat. Ada beberapa makanan yang pantang Anda makan selama berpuasa karena makanan tersebut tidak cukup memberi nutrisi pada tubuh serta tidak mampu mendukung tubuh untuk menjalani puasa. Beberapa makanan berikut ini ada baiknya Anda hindari untuk menjaga tubuh tetap fit selama berpuasa.

1. Makanan yang menyebabkan dehidrasi

semangka / Ist

semangka / Ist

Secara umum, tubuh membutuhkan 8 gelas air putih per hari. Selama berpuasa, mungkin hal tersebut sulit dicapai karena kita harus menahan makan dan minum selama kurang lebih 13 jam. Sementara dua per tiga tubuh adalah cairan sehingga diperlukan banyak cairan untuk menjaga tubuh tetap hidrasi. Salah satu cara mengatasi hal ini adalah menghindari makanan yang bisa menyebabkan dehidrasi, misalnya makanan yang banyak mengandung sodium serta minuman seperti kopi, teh, dan alkohol.

Maka sebaiknya beralihlah pada makanan yang bisa menjaga tubuh hidrasi. Anda bisa menyiasatinya dengan memasak makanan yang kaya air seperti timun, seledri, tomat, paprika hijau, kembang kol, bayam, brokoli, dan sawi. Jangan lupa pula untuk menambah konsumsi buah-buahan yang banyak mengandung air seperti semangka, lemon, strawberry, belimbing, dan jeruk. Bisa pula jadikan buah-buahan sebagai jus menyegarkan.

Comment di sini