Tujuh Pemain Kosta Rika Jalani Tes Doping

by
June 23rd, 2014 at 10:03 am

Santos (CiriCara.com) – Kosta Rika saat ini menjadi pemuncak klasemen sementara Grup D Piala Dunia 2014 setelah mengalahkan Italia, dengan skor tipis 1-0. Namun usai pertandingan tersebut, tujuh pemain Kosta Rika pun dipanggil FIFA untuk menjalani tes doping.

kosta rika

Pemain Kosta Rika rayakan kemenangan – Ist

Dalam laman resminya, FIFA menjelaskan bahwa 8 pemain Kosta Rika tidak mengikuti uji doping sebelum Piala Dunia ketika Komisi Anti-doping FIFA mengunjungi negara tersebut. Hal ini memang rutin dilakukan untuk mengontrol setiap timnas yang lolos ke putaran final.

Dua dari delapan pemain tersebut diketahui telah menjalani tes doping setelah laga melawan Uruguay, dimana Kosta Rika menang 1-3. FIFA pun kembali memanggil 6 pemain yang belum menjalani tes doping setelah laga melawan Italia.

Namun selain 6 pemain tersebut, ternyata FIFA juga memanggil satu pemain lagi yang dipilih dengan cara acak. Hingga total ada 7 pemain yang diminta untuk ikut tes doping oleh FIFA setelah laga melawan Italia.

Keputusan FIFA tersebut pun membuat pihak Federasi Sepakbola Kosta Rika merasa geram. Pemanggilan untuk tes doping itu dinilai akan menciptakan kesan bahwa tim Kosta Rika telah melakukan kecurangan.

“Apa yang mengejutkan di tingkat dunia adalah bahwa mereka (FIFA) memanggil tujuh pemain untuk mengikuti tes doping, yang memberi kesan kecurigaan bahwa para pemain Kosta Rika melakukan doping,” ujar Ketua Komite Timnas Kosta Rika, Adrian Gutierrez, seperti dilansir ESPNFC dan dikutip dari detik.com, Senin (23/6/2014).

Gutierrez memahami FIFA harus melakukan tes doping kepada semua tim yang ikut serta di Piala Dunia 2014. Namun, menurutnya memanggil 7 pemain untuk ikut tes doping itu sudah berlebihan. Karenanya, Gutierrez pun menuntut agar FIFA memberikan penjelasan.

“Kami membutuhkan penjelasan kenapa begitu banyak pemain yang dipanggil,” ujar Gutierrez.

FIFA World Cup Brasil

FIFA World Cup 2014 – Ist

Sementara itu, pelatih tim Kosta Rika Jorge Luis Pinto mengaku tidak masalah dengan tes doping tersebut. Bahkan Pinto pun mengaku bersedia jika dirinya juga harus menjalani tes doping yang dibutuhkan oleh FIFA.

“Bila mereka (FIFA) mau melakukan di pertandingan selanjutnya, mereka bisa menguji semua 11 pemain di lapangan, bahkan termasuk saya,” kata Pinto.

Seperti diketahui, Kosta Rika berada di Grup D dan diragukan lolos. Di sana terdapat tiga tim raksasa sepakbola, seperti Italia, Inggris, dan Uruguay. Meskipun demikian, Kosta Rika malah jadi pemuncak klasemen dengan dua kemenangan berturut-turut, yakni lawan Urugay dan Italia. Padahal Grup D itu dianggap sebagai salah satu grup neraka di Piala Dunia tahun ini.

(YG)

Comment di sini