Wah! Suporter Difabel Bisa Berdiri Saat Tonton Piala Dunia

by
June 23rd, 2014 at 2:03 pm

Rio de Janeiro (CiriCara.com) – Pengguna media sosial baru-baru ini dihebohkan dengan foto fenomena seorang suporter difabel tim nasional Brasil bisa berdiri dari kursi rodanya. Foto ini pun menjadi kontroversi karena bagaimana mungkin orang difabel bisa berdiri normal dengan kedua kakinya?

Piala Dunia 2014

Suporter difabel Brasil bisa berdiri saat tonton pertandingan sepakbola – Ist/Dailymail

Dalam foto tersebut terlihat seorang suporter wanita difabel pendukung Brasil berdiri dan bertepuk tangan di depan kursi rodanya. Diduga foto tampak belakang itu diambil saat Piala Dunia 2014, Brasil melawan Meksiko, 17 Juni 2014, di Stadion Castelao, Fortaleza.

Melihat foto tersebut, banyak pengguna media sosial yang menganggap bahwa wanita tersebut hanya pura-pura cacat agar bisa menonton Piala Dunia. Seperti diketahui, Brasil telah menyisihkan setidaknya satu persen tiket Piala Dunia untuk para penyandang difabel.

Namun, ada juga yang menilai bahwa suporter wanita itu tidak berbohong. Dia hanya tidak bisa berjalan namun masih bisa berdiri. Itulah sebabnya dia bisa berdiri saat sedang menyaksikan pertandingan sepakbola.

Terlepas dari kemungkinan itu semua, FIFA menegaskan bahwa pihaknya tidak membenarkan penonton menggunakan tiket khusus difabel dengan cara berpura-pura. FIFA berharap agar semua penonton bersedia mengikuti kebijakan tersebut.

“FIFA meminta para pendukung untuk menghormati dan hanya meminta kursi untuk para difabel jika mereka memenuhi syarat untuk itu,” jelas juru bicara FIFA yang tidak mau disebutkan identitasnya.

suporter argentina

Suporter difabel Argentina bisa berdiri dari kursi roda – Ist/101greatgoals

Terkait keaslian foto tersebut diambil saat Piala Dunia 2014 atau bukan, belum ada pihak yang bisa memastikannya. Pasalnya, Brasil dan Meksiko juga pernah bertanding di stadion yang sama pada kompetisi Piala Konfederasi tahun lalu.

Foto serupa pun ikut beredar di media sosial, kali ini adalah penonton difabel tim nasional Argentina yang ketahuan berdiri dari kursi rodanya. Penonton pria tersebut tiba-tiba saja berdiri usai Kapten Lionel Messi menjebol gawang Iran. Apakah itu merupakan “keajaiban” atau pria tersebut hanya pura-pura cacat?

Sama seperti foto suporter difabel Brasil, keaslian foto suporter difabel Argentina ini pun masih belum diketanui secara pasti. Namun yang pasti, kedua foto tersebut sama-sama telah memunculkan kontroversi tersendiri di Piala Dunia 2014 di Brasil.

(YG)

Comment di sini