5 Cara Mencegah Penyakit Ginjal

by
June 24th, 2014 at 11:28 am

CiriCara.com – Ginjal adalah organ sebesar kepalan tangan yang terletak di bagian bawah tulang rusuk dan kedua sisi tulang belakang. Fungsi ginjal antara lain menyaring hasil buangan, kelebihan air, dan kotoran dalam darah. Hasil buangan ini disimpan di dalam kandung kemih yang kemudian dikeluarkan melalui urin.

Ginjal akan menurun kinerjanya pada saat usia seseorang menginjak 30-40 tahun. Setiap tahun setelah umur 30 tahun, fungsi ginjal menurun hingga 10%. Penyakit seperti diabetes dan hipertensi dapat menyebabkan penyakit ginjal. Bahkan penyakit ginjal bisa semakin parah bila terjadi gagal ginjal yang memerlukan adanya dialysis atau cuci darah untuk mengatasinya.

Kunci pencegahan atau penundaan penyakit ginjal parah adalah deteksi dini dimana masih ada waktu untuk memperlambat progres gagal ginjal. Karena ginjal adalah organ yang sangat penting bagi tubuh untuk menyaring kotoran dalam darah, maka sangat penting pula untuk menjaga ginjal tetap sehat. Hindari risiko penyakit ginjal dengan cara berikut ini.

1. Kontrol Diabetes, Hipertensi, dan Penyakit jantung

tingkat gula darah / Ist

tingkat gula darah / Ist

Pada kebanyakan kasus, penyakit ginjal disebabkan oleh penyakit yang bersumber dari diabetes, hipertensi, dan penyakit jantung. Maka dari itu, mengatur kadar gula, kolesterol, dan tekanan darah yang juga dibarengi dengan diet sehat, olahraga, dan perawatan medis sangat penting dilakukan untuk menghindari adanya penyakit ginjal.

Comment di sini