Cara Membuat Ongol-ongol Hunkwe

by
June 24th, 2014 at 4:44 pm

CiriCara.com – Ongol-ongol merupakan salah satu makanan tradisional khas Indonesia. Jajanan yang satu ini mempunyai tekstur yang kenyal. Ditambah dengan gurihnya kelapa parut yang menjadi bahan taburannya, membuat ongol-ongol ini patut untuk dicoba.

ongol ongol

Ongol – ongol – Ist/Anekaresepmasakan

Proses pembuatan ongol-ongol ini cukup mudah. Bagi Anda yang ingin bernostalgia dengan kuliner jaman dulu, Anda bisa membuat ongol-ongol di rumah. Bahan yang dibutuhkan pun sangat mudah untuk didapat, Anda bisa membelinya di toko-toko kue.

Sebenarnya ada beberapa macam cara untuk membuat ongol-ongol. Ada yang menggunakan tepung sagu, tepung hunkwe, dan ada juga yang menggunakan singkong sebagai bahan dasarnya. Namun untuk kali ini, Anda bisa belajar cara membuat ongol-ongol dari hunkwe.

Resep Ongol-ongol

Bahan:
- 50 gram tepung hunkwe
- 25 gram tepung sagu
- 75 gram gula merah, sisir
- 1 sendok makan gula pasir
- 1 lembar daun pandan
- 250 ml air
- Kelapa parut
- Garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Campur garam dengan kelapa parut, aduk sampai tercampur rata. Kukus kurang lebih selama 15 menit. Sisihkan.
  2. Campur tepung sagu dan tepung hunkwe, aduk sambil dituangi air sedikit demi sedikit.
  3. Campur gula dan daun pandan di wadah yang berbeda, tuang air secukupnya. Masak di atas api sambil diaduk-aduk hingga gula larut, angkat. Tuang sambil disaring ke dalam wadah yang berisi adonan tepung sagu dan tepung hunkwe tadi. Aduk hingga tercampur rata.
  4. Masak campuran adonan tadi dengan api kecil, sambil terus diaduk sampai adonan jadi berwarna bening kecoklatan.
  5. Setelah itu, tuang adonan yang sudah panas itu ke dalam cetakkan atau loyang. Diamkan hingga beku atau jadi padat sendiri.
  6. Potong ongol-ongol yang sudah jadi tadi sesuai selera Anda (bentuk kotak/persegi). Gulingkan ke dalam kelapa parut hingga semua bagian tertutup rata, sajikan di atas piring saji.
  7. Ongol-ongol hunkwe siap untuk dinikmati.

Selamat mencoba! (YG)

Comment di sini