Ciri-ciri Band dan Musisi Alay

by
June 24th, 2014 at 2:54 pm

CiriCara.com – Dunia musik di Tanah Air saat ini sedang berkembang pesat. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya musisi-musisi handal yang mulai bermunculan. Boyband dan girlband pun sudah menjadi fenomena yang biasa di dunia musik Indonesia. Tapi apakah kamu pernah mendengar istilah band/musisi alay?

anak band

Ilustrasi anak band – Ist

Kamu tentu sudah tahu kan apa itu alay? Ya, alay adalah istilah yang tengah populer dan biasanya dipakai untuk mengilustrasikan sesuatu yang berlebihan. Itu artinya, band atau musisi alay itu maksudnya adalah band yang berlebihan saat manggung.

Saat ini banyak sekali musisi atau grup band yang mulai masuk dunia rekaman. Sering nongol di televisi dan punya lagu sendiri tidak menjadi jaminan kalau band tersebut tidak alay. Mau tahu band seperti apa saja yang masuk kategori alay?

Berikut ciri-ciri band alay:

1. Lipsync

Pernah lihat band atau musisi yang tampil lipsync saat konser? Nah, itu ciri band alay. Buat apa bawa gitar, piano, dan drum kalau ternyata nggak bunyi. Suara yang keluar saat konser adalah musik dari kaset. Sementara si vokal hanya menyanyi seperti orang karaoke.

Alay banget kan? Gaya main gitar sampai loncat-loncat, nggak taunya colokan gitarnya nggak ditancepin ke sistem audio. Parahnya lagi, yang nonton malah tepuk tangan.

2. Gaya

Demi tampil gaya dan keren saat konser, ada musisi yang tampil dengan busana plagiat seperti artis luar negeri. Ini jelas kalau dia adalah musisi alay. Sebenarnya dia mau nyanyi atau mau jadi model majalah sih? Penampilan keren itu memang harus, tapi coba deh jangan meniru gaya orang lain, apalagi artis luar negeri. Dijamin nggak bakal cocok!

Kambing di konser musik punk / VICE

Kambing di konser musik punk / VICE

3. Tidak kreatif

Pernah dengerin lagu yang mirip-mirip dengan lagu lainnya? Ini ciri kalau si pembuat lagu itu alay dan kurang kreatif. Musisi alay biasanya suka menciptakan lagu-lagu yang kontroversial karena merupakan karya jiplakan. Kalau tidak bisa menciptakan lagu, mending diem aja deh. Ingat! Diam itu emas.

4. Erotis

Pernah lihat musisi yang tampil seksi dan erotis di atas panggung? Itu ciri musisi alay. Tampil seksi hanya akan membuat para penonton konser jadi tidak fokus. Bukan lagi suara yang jadi perhatian, tapi tampilan si penyanyi pun bikin gemetaran. Coba deh tampil lebih sopan dan elegan karena siapa tahu ada anak-anak yang ikut nonton juga.

Semoga dengan penjelasan-penjelasan di atas, para musisi Indonesia bisa jadi lebih baik lagi dan membanggakan dunia musik Tanah Air.

(YG)

Comment di sini