Ini Desain Uang NKRI Hasil Redenominasi?

by
June 24th, 2014 at 4:16 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Wacana redenominasi Rupiah memang sempat mencuat pada tahun 2013 lalu. Kini isu redenominasi itu kembali muncul setelah beredarnya foto desain uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang diklaim akan jadi uang redenominasi. Benarkah itu desain baru uang NKRI 2014?

Redenominasi rupiah

Ilustrasi redenominasi rupiah – Liputan6

Bank Indonesia (BI) langsung membantah kabar tersebut. BI menegaskan bahwa desain gambar uang rupiah yang beredar di internet itu bukan merupakan desain dari uang NKRI yang akan segera diterbitkan.

Gambar tersebut bukan merupakan gambar uang rupiah yang akan diterbitkan,” bantah Direktur Departemen Komunikasi BI Peter Jacobs dalam siaran persnya, seperti dikutip dari Kompas.com, Selasa (24/6/2014).

BI memang berencana meluncurkan uang rupiah kertas baru, yang akan diterbitkan pada 17 Agustus 2014. Namun, Peter menegaskan bahwa gambar yang beredar di internet itu bukan merupakan desain uang yang akan diterbitkan.

Menurut Peter, uang yang akan diterbitkan oleh BI itu memiliki ciri umum sebagaimana diatur dalam Undang-Undang No 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang. Salah satu ciri menyebutkan uang tersebut memiliki nomor seri pecahan.

Baca juga: Redenominasi Rupiah Akan Dimulai Awal Januari 2014?

Soal wacana redenominasi, Peter mengatakan bahwa hal itu masih dalam pembahasan DPR-RI. Rancangan Undang-Undang Redenominasi pun masih belum ditetapkan oleh para wakil rakyat tersebut.

“Dengan demikian, maka kebijakan redenominasi Rupiah belum diimplementasikan dalam waktu dekat,” ujar Peter.

Pernyataan Peter tersebut sekaligus membantahkan semua spekulasi yang muncul di masyarakat. Pasalnya, baru-baru ini beredar gambar yang diklaim sebagai desain pecahan rupiah hasil redenominasi, yakni Rp 20, Rp 50, dan Rp 100.

uang redenominasi

Beredar gambar yang diklaim sebagai uang baru redenominasi – Ist/media sosial

Gambar tersebut beredar di media sosial dan diklaim sebagai uang NKRI yang akan diluncurkan pada 17 Agustus mendatang. Padahal, hal itu tidak benar sama sekali.

(YG)

Comment di sini