Profil Andianto Setiabudi, Bos Besar Cipaganti yang Ditahan Polisi

by
June 24th, 2014 at 4:12 pm

CiriCara.com – Perusahaan travel ternama PT Cipaganti Citra Graha Tbk sepertinya harus menelan pil pahit dengan penahanan bosnya, Andianto Setiabudi, yang dituduh melakukan penipuan dan penggelapan lewat koperasi Cipaganti yang dibangunnya sejak tahun 2008.

Ditahan Kepolisian Daerah Jawa Barat Senin (23/6/2014) kemarin, Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat Kombes Sitompul mengatakan, penangkapan Andianto berdasarkan hasil laporan dan keterangan dari enam saksi. “Kita tetapkan sebagai tersangka kemarin Senin pukul 17.00 WIB sore dengan tuduhan penggelapan,” kata Martinus seperti yang dilansir Kompas.com.

Andianto Setiabudi / ciputra entrepreneurship

Andianto Setiabudi / ciputra entrepreneurship

Modus kejahatan yang diduga dilakukan Andianto adalah menghimpun penyertaan modal dari mitra koperasi sejak 2008 hingga 2014 dan menghasilkan uang sekitar Rp 3,2 triliun. Berdasarkan kesepakatan, uang koperasi ini akan diputar lewat usaha SPBU, transportasi, alat berat, dan lain-lain namun gagal lantaran Andianto justru menggunakan dana mitra tersebut kepada beberapa perusahaan miliknya dengan cara bagi hasil.

Andianto Setiabudi adalah pemilik dari Cipaganti Group dan menjabat sebagai CEO. Awal berdirinya perusahaan Cipaganti dimulai dari usaha kecil penyewaan kendaraan pribadi bernama “Cipaganti Motor” pada tahun 1985 di Bandung. Seiring berjalannya waktu, Cipaganti Motor berkembang dan menjelma menjadi perusahaan korporasi multi bisnis yang merambah sektor-sektor lain seperti transportasi, properti, pertambangan, dan alat berat.

Andianto Setiabudi telah banyak memberi inspirasi kepada pengusaha mengenai usahanya membangun kerajaan bisnis Cipaganti Group. Dalam bukunya ‘Bisnis Rental Menjadi Korporasi Nasional’, Andianto juga bercerita soal pribadinya.

Andianto Setiadi lahir dan dibesarkan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Beribukan Sri Mamuri Setiabudi, ayah Rahmat Setiabudi, dan bungsu dari empat bersaudara, Andianto menghabiskan masa kecilnya di Banjarmasin sebagai kampung halamannya. Tidak lama, Andi beserta keluarga hijrah ke Bandung dengan usaha produksi makanan ringan. Ia melanjutkan sekolah di SD Agustinus kemudian SMP Alosius dan lulus dari SMA Alosius pada tahun 1981.

Boleh dibilang, Andi sempat bergonta-ganti usaha selama masa remajanya. Ketika usaha makanan ringan merugi, Andianto pindah haluan ke usaha jual-beli mobil bekas dan rental mobil. Tahun 1994, Andi mulai membangun bisnis perumahan bersama dengan salah satu rekannya dan hasilnya cukup sukses. Setelah itu, ia mendirikan perusahaan dengan nama PT Cipaganti Citra Graha. Melalui perusahaan ini, Andi terus berambisi untuk membesarkan bisnisnya hingga ke berbagai ranah termasuk penyewaan alat-alat berat bagi perusahaan besar di Bandung. Dan kini, Grup Cipaganti telah menjadi perusahaan besar dan ternama. (MD)

Comment di sini