Ciri-ciri Orang Jenius Dilihat dari Bentuk Wajah

by
June 25th, 2014 at 10:56 am

CiriCara.com – Orang jenius biasanya bisa dilihat dari prestasi atau nilai akademisnya selama berada di lembaga pendidikan. Namun, ada juga orang yang sebenarnya jenius tapi tidak mau menunjukkannya ke publik. Sebenarnya ada tidak sih ciri yang menunjukkan orang tersebut jenius atau tidak?

orang jenius

Ilustrasi otak orang jenius – Ist

Ilmuwan asal Republik Ceko mengungkapkan bahwa kemampuan intelejensi seseorang bisa dilihat berdasarkan bentuk atau pola wajah yang dimilikinya. Namun, hal itu hanya berlaku untuk wajah pria dan tidak bisa diterapkan untuk wajah wanita.

Hal tersebut didapat dari hasil penelitian yang dilakukan para ilmuwan. Untuk mengetahui hubungan ukuran IQ, intelejensi yang dimiliki, dan bentuk wajah, para ilmuwan menggunakan foto wajah statis dari 40 laki-laki dan 40 perempuan untuk dibaca oleh perseptor.

Hasilnya, perseptor bisa mengukur kemampuan intelejensi dari seorang pria dengan tepat hanya dengan melihat foto wajah statisnya. “Tapi tidak untuk wanita. Namun demikian, estimasi ini kemungkinan tak berdasar dari bentuk tengkorak muka,” kata tim peneliti dalam jurnal PLos One dilansir Daily Mail dan dikutip dari Okezone, Rabu (25/6/2014).

Dari hasil penelitian itu disimpulkan bahwa ciri seorang pria yang mempunyai kemampuan kecerdasan yang tinggi adalah mereka yang:

- Memiliki jarak yang lebih luas antara mata kiri dan mata kanan.
- Hidung yang lebih besar.
- Ujung kiri dan kanan mulut yang sedikit tertarik ke atas.
- Dagu yang runcing, sedikit lancip, serta tidak membulat.

Sedangkan pria dengan tingkat kecerdasan yang rendah memiliki ciri berkebalikannya. “Wajah yang lebih bulat, jarak kedua mata lebih dekat, hidung yang pendek, ujung mulut yang menurun, serta dagu yang membulat dan lebar,” ungkap tim peneliti tersebut.

Dua faktor kecerdasan yang dekat dengan pria adalah intelejensi fluida dan intelejensi figuratif. Intelejensi fluida adalah kemampuan untuk memecahkan masalah secara logis independen dari pengetahuan yang diperoleh. Sementara intelejensi figuratif adalah kemampuan untuk menangani objek seperti gambar, pola, dan bentuk.

Selain itu, tim peneliti juga mengungkapkan bahwa kecantikan atau ketampanan seseorang tak menjadi ukuran untuk sebuah kecerdasan. Bagaimana, apakah ciri-ciri di atas ada pada Anda?

(YG)

Comment di sini