Heboh Foto Editan Pendukung Jokowi di Monas

by
June 25th, 2014 at 9:51 am

Jakarta (CiriCara.com) – Tampaknya perang di media sosial antara pendukung Prabowo-Hatta dan Jokowi-JK masih terlihat dengan jelas. Di Twitter, baru-baru ini tersebar opini berbentuk foto yang sepertinya dilakukan oleh simpatisan Prabowo-Hatta. Foto tersebut adalah foto Jokowi yang tengah mengadakan gerak jalan Revolusi Mental di Monas, Jakarta Pusat, hari Minggu pagi (22/6/2014). Belakangan diketahui bahwa foto tersebut adalah hasil foto yang di-edit dan membuat heboh para pengguna Twitter.

Foto editan

Foto editan / Ist

Seperti yang diketahui, Car Free Day pada hari Minggu pagi saat itu dimeriahkan dengan acara gerak jalan yang digelar Koalisi Rakyat Indonesia Hebat bersama Tim Pemenangan Jokowi-JK. Acara ini berlangsung dari pukul 06.00 WIB sampai 11.30 WIB di kawasan Monas hingga Bunderan Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat.

Usai acara, kemudian muncullah sejumlah foto terkait acara gerak jalan tersebut di media sosial. Foto tersebut memperlihatkan Jokowi yang saat itu mengenakan kaos putih tengah memberikan orasi di atas panggung. Ditampilkan bahwa Jokowi mengangkat salam dua jari di depan para peserta gerak jalan dan pendukungnya yang memadati tiap sudut Monas.

Alhasil foto Jokowi itu mendapat banyak tanggapan karena ternyata foto tersebut hanyalah sebuah editan. Banyak pula yang memperbincangkan analisa foto palsu itu. Ketika dibandingkan dengan foto asli yang ditangkap oleh wartawan Antara, terlihat banyak perbedaan pada beberapa spot foto. Perbedaan mencolok yang tampak antara lain beberapa tiang hilang, orang yang sama, dan jumlah massa yang sebenarnya tidak sampai penuh memadati Monas.

Berbagai opini masyarakat di Twitter ramai menggunjingkan masalah foto hasil edit ini. Ada yang kecewa atau sinis karena menganggap Jokowi menipu, ada pula yang membela karena ini ulah pihak yang ingin menyudutkan Jokowi, dan ada pula yang merasa wajar-wajar saja sebagai bentuk kampanye yang dilakukan pendukung capres.

kampanye jokowi

Foto asli kampanye Jokowi di Monas – Ist/Merdeka.com

Argiansyah Putra dengan akun @_agik_ berkicau, “Saking buta dan lurusnya mereka akibat retorika, memfitnah jokowi dg foto editan.”

Hal serupa dinyatakan @enggarpradityo, “*berdoa semoga pendukung/relawan atau siapapun yg dikung jokowi-jk nggak terpengaruh sama editan foto & kampanye akun abal2 di twitter.”

@1001_leni menulis, “Ada2 aja dahhh, foto Jokowi di Monas kmrn diedit …trus disebarin, tp ketauan editan ….wkwkwkkk….”

Tidak ketinggalan @JoacquinAdam ikut berkomentar, “Buset, ada banyak bener editan foto kampanye Jokowi dilinimasa. Sefrustasi itukah? LOL.”

(MD)

Comment di sini