Pendukung Prabowo-Hatta Terbukti Sebarkan Berita Hoax

by
June 25th, 2014 at 11:06 am

Jakarta (CiriCara.com) – Sebuah link di situs iReport CNN yang berisi mengenai hasil Gallup Poll, lembaga survei di AS, tentang kemenangan Prabowo-Hatta atas Jokowi-JK sudah diketahui hanya berita bohong atau hoax. Situs CNN akhirnya menghapus link tersebut.

berita hoax mengenai kemenangan Prabowo-Hatta / Merdeka

berita hoax mengenai kemenangan Prabowo-Hatta / Merdeka

Link berita kemenangan Prabowo-Hatta ini terbukti bohong ketika berita yang dimuat pada 24 Juni 2014 tersebut dibandingkan dengan pemberitaan media online tentang pemilihan presiden di AS yang diunggah pada 16 Juni 2008. Kedua berita ini sama-sama mengumumkan hasil survei yang dilakukan Gallup Poll.

Ketika dua foto berita dibandingkan, berita yang berjudul ‘Indonesians Predict Prabowo Will Be Next Indonesia President’ diduga merupakan hasil salinan berita asli mengenai Pilpres AS. Hanya saja, berita palsu mengganti nama kandidat Obama dan McCain menjadi Prabowo dan Jokowi. Sepertinya, pihak yang menyalin berita ini kurang teliti sehingga masih terselip nama Obama di berita palsu kemenangan Prabowo-Hatta tersebut.

Isi kesalahan nama tersebut bisa dilihat dari kalimat ini: “What tips the balance of national opinion more strongly in favor of Prabowo is that, by a nine-percentage point margin, independents join Prabowo coalitions party in believing Obama is likely to win. (Dari keseimbangan opini nasional, masyarakat lebih cenderung mendukung Prabowo yang memiliki poin sembilan persen, bisa dilihat dari mereka yang golput ikut bergabung dengan partai koalisi Prabowo karena keyakinan mereka bahwa Obama akan menang.)”

Terselipnya nama ‘Obama’ pada konteks kemenangan Prabowo-Hatta itu dianggap mengganjal dan tidak nyambung sehingga membuat berita hasil survei Prabowo-Hatta (52%) dan Jokowi-JK (41%) terbukti palsu. Terlebih angka kemenangan tersebut sama persis dengan Obama atas McCain.

Meski begitu, link berita palsu ini sudah terlanjur disebar oleh para pendukung Prabowo-Hatta seperti kader dan simpatisan PKS. Bahkan Wakil Ketua Umum PAN, Dradjad Wibowo, juga tidak mau ketinggalan menyebarkan berita ini di Blackberry Messenger. Terlebih, beredarnya link ini juga diberitakan oleh tvOne di running text. Seperti yang diketahui, tvOne adalah stasiun televisi milik Aburizal Bakrie, Ketua Umum Partai Golkar yang mendukung Prabowo-Hatta.

(MD)

Comment di sini