YKS Lecehkan Benyamin, Ini Tuntutan Demonstran

by
June 25th, 2014 at 3:16 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Program acara Yuk Keep Smile (YKS) yang tayang di Trans TV kembali menjadi sorotan masyarakat. Setelah sempat menuai kontroversi karena “goyang oplosan” YKS kembali menuai protes lantaran dianggap telah menghina legenda Betawi, Benyamin Sueb.

Acara YKS

Kontroversi Acara YKS – Ist

Protes tersebut muncul lantaran pada YKS episode 20 Juni 2014 lalu, Caisar dihipnotis oleh Ferdian Setiadi agar tidak takut dengan anjing. Pada saat dihipnotis Caisar pun disugesti agar dia melihat anjing seperti melihat wajah Benyamin.

Setelah bangun dari hipnotis, memang benar Caisar jadi tidak takut anjing. Padahal sebelumnya dia langsung lari menjauh saat melihat anjing. Yang jadi masalah, setelah dihipnotis itu Caisar pun terus menyebut anjing itu dengan nama Benyamin.

Masyarakat yang menonton acara YKS saat itu pun langsung heboh di media sosial. Mereka menilai, apa yang dilakukan oleh YKS itu sudah melecehkan nama seniman sekaligus tokoh legenda Betawi, Benyamin Sueb.

Anak Benyamin Sueb, Biem Benyamin pun menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor Trans Corp, Selasa (24/6/2014) kemarin. Bersama dengan ratusan penggemar benyamin, Biem pun menyampaikan sejumlah tuntutan terhadap pihak Trans TV.

Berikut tuntutan para demonstran kepada pihak Trans TV terkait acara YKS yang dinilai telah melecehkan Benyamin Sueb:

1. YKS stop tayang

Para pendemo menuntut agar Trans TV menghentikan penayangan acara YKS. Pasalnya, acara yang terkenal karena “goyang Caisar” itu dianggap telah menyinggung harkat dan martabat keluarga besar almarhum Benyamin Sueb termasuk masyarakat Betawi.

Musisi rap Betawi, Kojek pun memplesetkan singkatan “Yuk Keep Smile” menjadi “Yuk Kita Setop”. Kojek pun mengaku akan membuat sebuah petisi bersama JJ Rizal. “Akan bikin petisi yang menyatakan bahwa YKS harus kita setop,” ucapnya.

2. Pecat tim kreatif YKS

Biem mendesak pihak Trans TV untuk memberhentikan para tim kreatif acara YKS. Biem menilai tim kreatif YKS ikut bertanggungjawab atas adanya segmen yang melecehkan Benyamin tersebut. “Kita lihat, apakah Trans berani pecat tim kreatif itu,” ujarnya seperti dikutip dari Merdeka.com.

3. KPI kaji ulang acara YKS

Para pendemo mendesak Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) untuk melakukan pengkajian ulang acara YKS. Mereka pun merekomendasikan KPI untuk melarang penayangan YKS karena dianggap telah mengganggu privasi hanya untuk lelucon.

ferdians hipnotis caisar / kapanlagi

ferdians hipnotis caisar / kapanlagi

4. Menyeret YKS ke ranah hukum

Karena merasa tidak ditanggapi pihak Trans TV, para pendemo pun berencana melaporkan pelecehan yang dilakukan YKS ke pihak hukum. “Rencananya paling lambat, Senin (30/6/2014) ke Mabes Polri,” kata Biem.

Tidak hanya empat tuntutan tersebut, para pendemo pun mendesak pihak Trans TV untuk meminta maaf terkait acara YKS tersebut.

Apakah acara YKS akan berhenti tayang? Kita lihat saja nanti.

(YG)

Comment di sini