Acara YKS Dilarang Tayang per 28 Juni

by
June 26th, 2014 at 4:55 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) akhirnya resmi menjatuhkan sanksi berupa penghentian penayangan acara televisi Yuk Keep Smile (YKS) yang disiarkan Trans TV. Berdasarkan keputusan tersebut, YKS dilarang tayang mulai 28 Juni 2014.

logo yks

Yuk Keep Smile (YKS) dilarang tayang – Ist

Komisioner KPI Agatha Lily menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan sidang terkait dugaan pelecehan yang dilakukan YKS terhadap legenda Betawi, Benyamin Sueb. Dugaan pelecehan dan penghinaan itu terjadi pada YKS episode 20 Juni 2014, lalu.

Hasil sidang adalah menjatuhkan sanksi pemberhentian program YKS karena terbukti melakukan pelanggaran berat dengan melecehkan almarhum Benyamin Sueb,” ujar Agatha, sepert dikutip dari Kompas.com, Kamis (26/6/2014).

Sebelum menjatuhkan sanksi, Agatha menjelaskan bahwa KPI sudah lebih dulu mendengarkan klarifikasi dari pihak Trans TV terkait tayangan YKS tersebut. Namun setelah melakukan beberapa pertimbangan, akhirnya KPI sepakat untuk menghentikan tayangan YKS.

“Diputuskan bahwa YKS dihentikan penayangannya mulai 28 Juni 2014,” ujar Agatha.

YKS dianggap telah melanggar ketentuan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) Pasal 24 ayat 1. Dimana dalam pasal tersebut dijelaskan bahwa segala bentuk ungkapan kasar dan makian yang cenderung menghina manusia, mempunyai makna jorok, cabul, mesum, vulgar, atau menghina agama dan Tuhan itu sangat dilarang.

Dan pada acara YKS episode 20 Juni 2014, acara kebanggaan Trans TV itu terbukti bersalah. Pasalnya saat itu Caisar yang tengah terhipnotis terus-terusan memanggil seekor anjing dengan nama seniman legendaris Betawi, almarhum Benyamin Sueb.

Tidak hanya itu, menurut Agatha, banyaknya protes dan kritik masyarakat atas program YKS juga menjadi salah satu alasan penghentian tayangan tersebut. “Ini didasarkan kepada kepentingan publik selaku pemilik frekuensi siaran,” katanya.

Benarkah YKS akan dihentikan selamanya? Atau penghentian ini hanya untuk sementara?

(YG)

Comment di sini