Cara Menjadi Orangtua yang Adil

by
June 26th, 2014 at 4:09 pm

CiriCara.com – Mempunyai banyak anak memang menyenangkan karena membuat suasana rumah jadi lebih ramai. Namun, di lain sisi Anda juga harus bisa bersikap adil kepada semua anak-anak Anda. Jangan sampai anak Anda bertengkar karena merasa Anda pilih kasih.

cara jadi orang tua yang adil

Jadi orang tua yang adil – Ist

Terkadang ada orangtua yang hanya perhatian dan memihak ke salah satu anak, karena dianggap paling menonjol. Akibat sikap ini muncul kecemburuan yang akan membuat anak justru jadi tidak akur dan bahkan suka menindas satu sama lain.

Untuk itu, sangat penting Anda harus bisa bersikap adil dalam mendidik anak. Jika dia melakukan kesalahan, maka Anda harus bersikap tegas. Tidak ada lagi pihak memihak ke salah satu dari mereka. Anda sayang mereka bukan?

Berikut cara menjadi orangtua yang adil:

1. Jangan membandingkan

Membanding-bandingkan anak dengan kakaknya atau adiknya yang lebih nurut, lebih pandai, dan lebih menonjol hanya akan membuat Anda terlihat tidak adil. Ingat! Setiap anak punya kemampuan yang berbeda-beda, jadi akan tidak adil jika Anda memaksakan dia untuk jadi seperti kakak atau adiknya. Cukup berikan perhatian agar dia bisa berprestasi juga.

2. Lakukan bersama-sama

Anda bisa melibatkan semua anak Anda dalam melakukan hal yang menyenangkan. Dengan bermain bersama-sama, mereka akan tahu bahwa Anda menyayangi semua anak Anda, tidak ada pilih kasih. Itulah kenapa kebersamaan itu menjadi penting.

3. Jangan cuek

Seringkali kehadiran adik membuat para orangtua lupa dengan anak pertamanya. Meskipun kehadiran keluarga baru itu sangat menyenangkan, Anda tetap harus mempunyai perhatian kepada si kakak. Jangan sampai dia menganggap Anda telah melupakannya.

anak-anak

Urutan lahir anak – Ist

4. Perlakuan yang sama

Cobalah untuk memperlakukan anak-anak Anda dengan sama. Ketika Anda memberi hadiah untuk si kakak karena berprestasi, maka saat adik berprestasi Anda juga harus memberikan dia hadiah. Saat kakak atau adik melakukan kesalahan, tegur keduanya. Jangan pilih kasih!

5. Beri pengertian

Saat Anda memberikan perhatian lebih kepada si adik karena dia sedang sakit, Anda bisa memberi pengertian kepada si kakak. Dengan demikian si kakak bisa memaklumi tanpa perlu merasa iri. Dengan bertambahnya usia, lama kelamaan dia pasti akan tahu bahwa yang Anda lakukan itu adalah benar dan adil.

Sebagai orangtua yang baik Anda harus bisa menjadi panutan dan teladan yang baik untuk anak. Karenanya sangat penting menjaga sikap dan perilaku Anda saat di hadapan anak.

(YG)

Comment di sini