Time Komentari Video Kampanye Ahmad Dhani

by
June 26th, 2014 at 10:00 am

Jakarta (CiriCara.com) – Kontroversi video klip Ahmad Dhani yang menyanyikan lagu kampanye gubahan dari lagu “We Will Rock You”-nya Queen untuk Prabowo-Hatta ternyata masih berlanjut. Kini giliran situs majalah Time yang mengomentari video besutan suami Mulan Jameela tersebut. Dalam artikelnya tertulis judul bahwa video lagu yang berbau nazi milik Ahmad Dhani adalah bentuk kampanye politik paling buruk.

Secara rinci, artikel yang ditulis oleh jurnalis Time, Yenny Kwok, Rabu (25/6/2014), itu menyebutkan seragam yang dipakai Ahmad Dhani sangat kental dengan aroma nazi. Dengan seragam ala fasis tersebut, Dhani pun memegang Garuda, burung lambang negara Indonesia.

ulasan Time mengenai Ahmad Dhani

ulasan Time mengenai Ahmad Dhani

Time juga menyebutkan sorotan media Jerman Der Spiegel (24/6/2014) mengenai seragam Ahmad Dhani dalam video lagu “Indonesia Bangkit” tersebut. Dalam video tersebut, Dhani memakai seragam hitam lengkap dengan dua saku dan lencana merah di saku kanan serta emblem pada kerah. Situs majalah tersebut mengutip ulasan media ternama Jerman itu bahwa kostum Ahmad Dhani mirip dengan seragam Heinrich Himmler, Komandan Satuan Elite Nazi, Schutzstaffel SS.

Tidak hanya itu, Time juga membawa awal cerita mengenai Daniel Ziv, yaitu pembuat film asal Kanada yang berbasis di Bali, yang memaparkan video Ahmad Dhani membawa citra nazi ke politik Indonesia. Tidak ketinggalan pula tanggapan Brian May pada akun Twitternya @DrBrianMay (25/6/2014) yang mengakui tidak adanya izin atas penggunaan lagu ciptaannya kepada Ahmad Dhani, “of course this is completely unauthorised by us (tentu saja tidak ada izin dari kami).”

Time menyebutkan secara rinci mengenai tanggapan yang tertulis di halaman Facebook resmi milik Prabowo Subianto bahwa lagu Ahmad Dhani tersebut membuatnya semakin bersemangat untuk bertarung. Mengutip dari media Indonesia, Time mengulas pernyataan Ahmad Dhani, Rabu (25/6/2014), “Apa hubungannya tentara Jerman sama Indonesia. Apa hubungannya tentara Jerman sama musisi Indonesia? Kita ini orang Indonesia tidak ikut membunuh jutaan orang yahudi kan?”

Bahkan secara gamblang Time menuliskan bahwa Ahmad Dhani adalah keturunan Yahudi. “fellow Indonesian musicians, Dhani, who is partly Jewish (sesama musisi Indonesia, Dhani, yang merupakan keturunan Yahudi).”

Time menambahkan dalam artikelnya bahwa jurnalis Amerika, Allan Nairn, yang menulis mengenai wawancaranya dengan Prabowo tahun 2001. Dalam wawancara tersebut Prabowo mengungkapkan Indonesia membutuhkan rezim otoriter jinak dan ia siap menempuh risiko termasuk dianggap sebagai diktator fasis seperti Jenderal Pervez Musharraf yang melakukan kudeta di Pakistan pada 1999.

Lalu di akhir artikel, “Hopefully Indonesia won’t get a chance to find out. (Semoga Indonesia tidak mempunyai kesempatan untuk merasakan itu),” tulis Kwok. (MD)

Comment di sini