8 Makanan yang Dapat Memicu Tumbuhnya Jerawat

by
June 27th, 2014 at 5:04 pm

CiriCara.com – Kesehatan kulit sangat berpengaruh pada penampilan. Jika kulit kita sehat, maka akan sangat mendukung penampilan kita, juga akan lebih enak untuk dipandang. Setiap orang pasti mendambakan kulit yang bersih dan mulus, karena itulah indikator paling mendasar dari kulit sehat yang bisa dilihat secara kasat mata.

wajah berjerawatTetapi ada salah satu faktor penghambat untuk mempunyai kulit yang sehat, yaitu jerawat. Jerawat bisa tumbuh di wajah, leher, lengan, ataupun punggung, berbeda-beda untuk setiap individu. Beberapa faktor penyebab jerawat yaitu stress, faktor hormonal, kurangnya istirahat atau tidur, bahkan faktor makanan yang kita konsumsi.

Berikut ini adalah makanan yang harus dihindari untuk mencegah timbulnya jerawat.

  • Produk coklat

Mengkonsumsi coklat dapat memperbaiki mood kita karena coklat mengandung fenilalanin (suatu asam amino yang dapat merangsang otak untuk memproduksi dopamin yang berdampak muncul perasaan senang dan memperbaiki suasana hati). Tetapi perlu diingat bahwa coklat mengandung lemak. Maka itu, produk-produk yang mengandung coklat seperti coklat batangan, permen, susu, es krim, wafer, biskuit, dan lainnya sebaiknya dihindari.

  • Produk kacang-kacangan

Makanan yang mengandung kacang-kacangan sebaiknya dihindari karena kacang mengandung lemak. Beberapa contohnya yaitu bumbu gado-gado, bumbu ketoprak, bumbu sate, cemilan kacang. Memang, kacang-kacangan mengandung kadar vitamin E yang tinggi, akan tetapi kadar vitamin tersebut sama tingginya dengan lemak yang ada di kacang. Maka itu kita bisa mencoba untuk mensubstitusikan vitamin E yang ada di kacang dengan suplemen makanan yang mengandung vitamin E.

  • Produk susu

Susu mengandung banyak lemak, terutama susu full cream. Beberapa makanan yang mengandung susu adalah susu murni, mentega, es krim, keju, dsb. Jika ingin terhindar dari jerawat dengan tetap meminum susu setiap hari, pilihlah produk susu yang low fat atau rendah lemak. Karena rendah lemak, kita dapat tetap sehat dengan minum susu setiap hari tanpa takut berjerawat.

  • Produk goreng – gorengan

Gorengan memang enak untuk menjadi cemilan santai ataupun teman makan nasi. Makanan yang digoreng menggunakan minyak pasti akan menambah kadar lemak yang ada di makanan itu sendiri, contohnya adalah pisang goreng, ubi goreng, singkong goreng, fried chicken, french fries, dsb.

  • Lemak hewani (kulit dan jeroan)

Makanan yang berasal dari kulit dan jeroan mengandung lemak jenuh yang sangat tinggi dan tidak baik untuk kesehatan. Lemak jenuh tersebut dapat menyebabkan jerawat. Bahkan jika dikonsumsi dalam jangka panjang dapat menyebabkan penyakit yang berbahaya seperti kolesterol, jantung koroner dan stroke. Beberapa contoh makanan yang terbuat dari kulit dan jeroan adalah soto babat, sop lidah sapi, paru goreng, sate hati dan sebagainya.

  • Buah berkadar lemak tinggi

Tidak semua buah baik untuk dikonsumsi dalam jumlah besar. Ada beberapa buah mengandung lemak yang harus dihindari seperti alpukat dan durian. Meskipun lemak yang ada dalam buah tersebut adalah lemak nabati, lemak tersebut tetap akan memicu tumbuhnya jerawat.

  • Makanan dengan bumbu rempah-rempah

Mengkonsumsi makanan yang mengandung bumbu rempah – rempah dapat berfungsi untuk menghangatkan tubuh. Dengan mengkonsumsi rempah tersebut, maka tubuh menjadi hangat bahkan panas untuk kita yang di daerah tropis. Dengan meningkatnya suhu tubuh setelah mengkonsumsi rempah – rempahan tersebut, kelenjar keringat akan bekerja mengeluarkan keringat. Wajah yang berkeringat dan berminyak serta terkena bakteri dari polusi yang ada di udara tersebut akan menyebabkan jerawat karena pori- pori kulit tersumbat. Contoh makanan dengan bumbu rempah – rempah adalah saus steak dengan rempah-rempah, sambal pedas, sapi lada hitam dan sebagainya.

  • santan kelapa - kabarinews.com

    santan kelapa – kabarinews.com

    Makanan bersantan

Santan mengandung minyak yang bahkan biasa diolah untuk menjadi minyak kelapa. Jadi bisa anda bayangkan jika menkonsumsi makanan yang bersantan seperti ketupat sayur, gulai, rendang dan lainnya, anda bagaikan menghirup kuah minyak dan mempersilahkan jerawat – jerawat bandel tersebut tumbuh di wajah anda.

Itulah beberapa makanan yang harus dihindari untuk mencegah timbulnya jerawat. Makanlah daging sapi, kambing, ikan, ayam tanpa lemak dengan direbus atau dibakar, sayur-sayuran, dan juga buah-buahan untuk tetap menjaga kesehatan kulit. Selamat mencoba! :)

Comment di sini