Cara Pantau Hilal Ramadan 2014 Live Streaming

by
June 27th, 2014 at 11:06 am

Jakarta (CiriCara.com) – Kementerian Agama (Kemenag) rencananya akan menggelar sidang isbat penentuan 1 Ramadan 1435 Hijriyah pada Jumat (27/6/2014), pukul 16.00 WIB nanti. Sejumlah perwakilan dari ormas Islam pun telah diundang untuk menghadiri sidang isbat.

pemantauan hilal

Memantau hilal – Ist

Menteri Agama Lukman Hakim mengatakan bahwa pihaknya telah menyebar pertugas pemantau hilal di 30 titik. Nantinya mereka akan melaporkan hasil pemantauan ke Kemenag dan disampaikan dalam sidang isbat, apakah petugas pemantauan melihat hilal atau tidak.

Karena ini kegiatan rutin setiap tahun, yang menjadi petugas itu latar belakanya orang amanah dan memiliki kemampuan di bidangnya,” ujar Lukman di kompleks Istana Wapres, Jakarta, Kamis (26/6/2014) kemarin, seperti dikutip dari JPNN.

Pemantauan hilal itu sendiri lokasinya harus strategis, jika tidak, hilal akan sulit untuk dilihat. Karenanya tidak semua orang bisa mengamati hilal secara langsung, hanya orang-orang di tempat tertentu saja yang bisa.

Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir. Saat ini sudah tersedia layanan live streaming pengamatan atau pemantauan hilal 1 Ramadan 1435 H/2014. Anda bisa memantau hilal secara online berikut ini:

1. Pengamatan Hilal di Menara UPI, Bandung

2. Pengamatan Hilal dari Makassar

Selain dua live streaming di atas, Anda juga bisa melihat pengamatan hilal di titik-titik lain di seluruh Indonesia. Anda bisa langsung melihatnya di situs resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kekominfo) Republik Indonesia, di hilal.kominfo.go.id.

Semoga bermanfaat! (YG)

Comment di sini