Cara Sehat Berbuka Puasa Selama Ramadhan

by
June 27th, 2014 at 4:03 pm

CiriCara.com – Puasa merupakan bentuk ibadah yang dijalani dengan cara menahan makan, minum, dan nafsu dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Pada bulan Ramadhan, puasa hukumnya wajib bagi setiap muslim. Di balik itu semua, puasa mempunyai banyak manfaat kesehatan untuk tubuh.

Tidak makan dan minum seharian adalah sebuah perjuangan berat yang berbalas pahala. Selama puasa, enzim pada saluran pencernaan berkurang sehingga mempengaruhi lapisan lendir di perut. Maka sangat penting menjaga asupan nutrisi yang tepat ketika berbuka puasa dan sahur. Namun yang paling penting adalah saat buka puasa. Ada beberapa cara berbuka puasa yang sehat untuk menjaga tubuh tetap sehat selama berpuasa 30 hari di bulan suci.

1. Air Putih

Perbanyak minum air putih / Ist

Perbanyak minum air putih / Ist

Hal yang paling diperlukan tubuh selama bulan puasa adalah air. Jika terlalu banyak makan makanan yang mengandung garam tanpa adanya jumlah asupan air putih yang cukup, risiko paling parah yang bisa didapat adalah batu ginjal. Maka dari itu, ketika berbuka puasa, perbanyaklah minum air putih untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang selama berpuasa.

Comment di sini