Ini Sanksi FIFA Untuk Luis Suarez

by
June 27th, 2014 at 9:52 am

Rio de Janeiro (CiriCara.com) – Komite Disiplin FIFA akhirnya menjatuhkan sanksi terhadap Luis Suarez karena terbukti bersalah menggigit Giorgio Chiellini, pada laga Uruguay vs Italia, Selasa (24/6/2014), lalu. Sanksi seperti apa yang diberikan FIFA terhadap Suarez?

Suarez gigit chiellini

Luis Suarez menggigit Chiellini – Ist

Dalam konferensi pers di Rio de Janeiro, FIFA menyampaikan bahwa komite disiplin telah memutuskan untuk melarang Suarez tampil di ajang internasional selama 9 pertandingan, termasuk larangan terlibat dalam semua kegiatan sepakbola selama 4 bulan.

Adanya larangan bermain itu membuat Suarez tidak bisa lagi memperkuat Timnas Uruguay di babak 16 besar Piala Dunia 2014, nanti. Tidak hanya berupa larangan bermain, Suarez pun dijatuhi sanksi denda 66.000 poundsterling atau sekitar Rp 1,4 miliar.

“Perilaku seperti (menggigit lawan) itu tak bisa ditoleransi di stadion mana pun dan secara khusus tidak ditoleransi pada Piala Dunia FIFA,” ujar Ketua Komite Disiplin FIFA, Claudio Sulser, dalam konferensi persnya.

Berikut rincian sanksi yang telah diputuskan Komite Disiplin FIFA untuk Luis Suarez, seperti dikutip dari Kompas.com:

1. Suarez dinilai telah melanggar Peraturan Disiplin FIFA (FIFA Disciplinary Code atau FDC) pasal 48 ayat 1 huruf d, karena melakukan penyerangan (menggigit Chiellini) dan pasal 57, karena dianggap telah bertindak tidak sportif.

2. Suarez dilarang bermain selama 9 pertandingan resmi. Larangan tampil ini mulai berlaku pada laga Piala Dunia berikutnya antara Kolombia melawan Uruguay, 28 Juni 2014.

suarez

Foto meme penghargaan menggigit untuk Luis Suarez – Ist

3. Suarez dilarang mengikuti kegiatan apa pun yang berkaitan dengan sepakbola (administratif, olahraga, atau yang lainnya) selama 4 bulan sesuai dengan FDC pasal 22.

4. Sesuai FDC pasal 21, Suarez dilarang melewati batas-batas stadion dengan rincian; selama masa larangan bermain (poin 3). Suarez dilarang masuk stadion mana pun yang menjadi tempat bertanding Timnas Uruguay selama masih dilarang bermain (poin 2).

5. Suarez wajib membayar denda sebesar 100.000 franc Swiss (sekitar Rp 1,4 miliar)

Dalam rincian sanksi Komite Disiplin FIFA itu juga tercantum bahwa keputusan pemberian sanksi telah disampaikan kepada pemain yang disanksi, Luis Suarez dan Federasi Sepakbola Uruguay, pada hari Kamis (26/6/2014) kemarin.

(YG)

Comment di sini