Motorola Moto G Review & PreOrder

by
June 29th, 2014 at 12:15 pm

moto-g

CiriCara.comApakah Motorola Moto G Adalah Smartphone Android Quad Core Murah Tanpa Mengesampingkan Kualitas?

Saat ini banyak vendor ponsel berlomba-lomba menarik perhatian pengguna dengan smartphone Android quad core murah. Namun pengguna wajib sedikit melek teknologi dan memperhatikan spesifikasi lebih rinci, karena tidak semua produk smartphone yang diberi label quad core oleh vendor akan memiliki performa maksimal. Lebih lagi masalah kualitas, dikarenakan harga murah akan memaksa vendor untuk menurunkan salah satu, atau lebih, dari kualitas hardware lainnya. Seperti contoh, spesifikasi yang umumnya “dikorbankan” adalah baterai, layar, dan/atau kamera.

Dalam artikel ini penulis ingin membahas salah satu dari smartphone Android quad core murah yang bisa dibilang banyak ditunggu-tunggu kehadirannya oleh pecinta gadget Android, yaitu Motorola Moto G. Bahkan di salah satu forum online terbesar Indonesia terdapat satu “Waiting Lounge” sejak Februari lalu. Dan penulis mencoba menjawab pertanyaan utama dari artikel ini, Apakah Motorola Moto G Adalah Smartphone Android Quad Core Murah Tanpa Mengesampingkan Kualitas?

Lazada Indonesia

Motorola Moto G secara global rilis pada Januari 2014 dan tersedia dalam banyak versi, yaitu versi CDMA, Single SIM GSM, Dual SIM GSM, hinggal yang mendukung teknologi 4G LTE(Long-Term Evolution). Namun hingga saat artikel ini ditulis, hanya versi Dual SIM GSM yang secara resmi masuk ke Indonesia. Dari sisi media penyimpanan, Motorola Moto G tersedia dalam dua varian, 8GB dengan kisaran harga 1,9 – 2 juta dan 16GB yang dibanderol sekitar 2 – 2,3 juta. Versi 8GB kini telah tersedia di pasaran, sementara 16GB baru akan tersedia pada awal Juli 2014.

Processor
Apa yang istimewa dari processor Quad-core 1.2 GHz Cortex-A7 Motorola Moto G? Seperti yang sudah penulis ungkapkan di awal untuk melihat spesifikasi gadget lebih rinci, spesifikasi lengkap processor Moto G adalah menggunakan chipset Qualcomm MSM8226 Snapdragon 400 yang dilengkapi dengan GPU(graphics processing unit) Adreno 305.

Smartphone android quad core murah yang banyak beredar umumnya menggunakan hardware, yang bisa dibilang, dibawah dari Moto G. Seperti contoh Lenovo S920 yang dibanderol dengan kisaran harga 2,9 juta menggunakan CPU Mediatek MT6589 yang dilengkapi dengan GPU PowerVR Series5XT, sementara CPU yang digunakan sama Quad-core 1.2 GHz Cortex-A7.

Perbedaan chipset ini sangat berpengaruh dalam segi performa. Dari sisi teknis, Qualcomm MSM8226 Snapdragon 400 yang dilengkapi dengan GPU Adreno 305 memiliki GPU clock lebih cepat daripada Mediatek MT6589 yang dilengkapi dengan GPU PowerVR Series5XT. Perbandingannya adalah 450 MHz vs 286 MHz, dimana Adreno 305 164 MHz lebih cepat.

Moto G at Lazada

Apabila dibandingkan dengan chipset sejenis, Qualcomm MSM8226 Snapdragon 400, lawan setara dari Moto G adalah:

  • Samsung Galaxy Grand 2 yang dibanderol kisaran 3,7 – 4 juta,
  • Sony Xperia M2 3 – 3.2 juta,
  • dan LG G 2 Mini 3,2 – 3,4 juta.

Dual SIM
Sisi pembeda lain dari Motorola Moto G adalah fitur dual SIM yang dimilikinya. Biasanya pada gadget dual SIM hanya salah satu SIM yang bisa digunakan untuk koneksi internet, namun tidak dengan gadget yang satu ini. Moto G mengusung dual sim GSM-GSM dan keduanya bisa terkoneksi internet dengan kecepatan hingga HSPA+ atau 21 Mbps.

Versus

Seperti yang penulis ungkapkan, lawan setara dari Motorola Moto G adalah Samsung Galaxy Grand 2, Sony Xperia M2, dan LG G 2 Mini, dari sisi kesamaan processor. Lalu apakah perbedaan lainnya dari Motorola Moto G dengan ketiga lawannya, selain timpang harga yang cukup jauh?

Display
Motorola Moto G memiliki ukuran layar paling kecil dibanding ketiga lawannya, 4.5 inchi. Sedangkan;

  • LG G 2 Mini berukuran 4.7 inchi,
  • Sony Xperia M2 4.8 inchi,
  • dan yang paling besar Samsung Galaxy Grand 5.25 inchi.

Tetapi layar 4.7 inchi Motorola Moto G dilindungi dengan Gorilla Glass 3, sementara LG G 2 Mini masih Gorilla Glass 2 dan kedua lawan lainnya tidak dilengkapi perlindungan semacam ini.

Memory
Keempat smartphone Android dengan harga yang bervariasi ini menggunakan penyimpanan internal sebesar 8GB dan RAM 1GB, kecuali Samsung Galaxy Grand 2 yang memiliki RAM 1,5GB. Hanya Motorola Moto G yang hadir dengan pilihan media penyimpanan internal 16GB.

Losing
Seperti yang sudah penulis ungkapkan, smartphone Android quad core murah umumnya akan “mengorbankan” salah satu atau lebih dari hardware yang tertanam. Dan nampaknya Motorola Moto G tidak hadir sebagai pengecualian.

Kamera dan baterai Motorola Moto G berada di bawah dari lawan-lawannya. Smartphone Android terbaru Motorola ini memilih mengusung kamera 5 MP dilengkapi dengan fitur autofocus dan LED flash, serta menggunakan baterai Li-Ion 2070 mAh yang sayangnya bersifat Non-removable. Sementara lawan-lawan lainnya dilengkapi dengan kamera 8 MP dan baterai dengan kapasitas kisaran 2300 – 2600 mAh.

Dengan pemaparan tersebut bagaimana pendapat Anda, Apakah Motorola Moto G bisa disebut smartphone Android Quad Core Murah Tanpa Mengesampingkan Kualitas? Apakah kekurangan Motorola Moto G tersebut masih bisa diterima dan layak untuk smartphone Android quad core berbanderol 2 jutaan?

Comment di sini