Belanda Vs Meksiko: Robben Akui Diving, Tapi

by
June 30th, 2014 at 11:12 am

Fortaleza (CiriCara.com) – Timnas Belanda akhirnya lolos ke babak perempat final Piala Dunia 2014 setelah mengalahkan Timnas Meksiko di babak 16 besar, Minggu (29/6/2014) malam WIB. Belanda menang dramatis dengan skor 2-1, setelah lebih dulu kebobolan.

belanda vs meksiko

Arjen Robben terjatuh di kotak penalti setelah duel dengan Rafael Marquez – AFP

Setelah bermain imbang hingga babak pertama usai, Meksiko akhirnya sukses menjebol gawang Belanda pada menit ke-48. Skor 0-1 untuk keunggulan Meksiko ini bertahan hingga menjelang akhir pertandingan babak kedua.

Hingga pada menit ke-88, tendangan keras Wesley Sneijder menyelamatkan Belanda dari kekalahan, skor jadi 1-1. Belanda keluar sebagai pemenang setelah mendapat hadiah penalti pada menit ke-90+4, karena pemain Meksiko, Rafael Marquez melanggar Arjen Robben.

Klass Jan Huntelaar yang menjadi eksekutor penalti sukses menipu kiper Meksiko. Belanda akhirnya menang 2-1 atas Meksiko.

Namun, kemenangan Belanda itu menjadi kontroversi karena banyak yang menilai Robben sengaja menjatuhkan diri alias diving agar dianggap telah dilanggar. Pasalnya, Marquez merasa dirinya tidak pernah mendorong atau menyentuh Robben hingga akhirnya dia jatuh.

Menanggapi kontroversi tersebut, Robben mengakui bahwa dirinya memang melakukan diving saat bertanding lawan Meksiko. Namun menurut Robben, saat wasit menunjuk titik putih penalti dirinya tidak diving. Ia mengaku melakukan diving tapi hanya di babak pertama.

Saya harus minta maaf, yang satu (di akhir laga menit ke-90+4) adalah penalti (tidak diving) tapi yang lain di babak pertama, saya memang diving,” kata Robben yang juga merupakan pemain andalan dari klub Bayern Muenchen ini.

Lebih lanjut, Robben pun meminta maaf atas usaha diving-nya di babak pertama. Dia menyadari bahwa seharusnya dia tidak melakukan aksi diving di tengah pertandingan Piala Dunia 2014 yang berlangsung di Estadio Castelao, Fortaleza, itu.

Sementara itu, Marquez tetap yakin dirinya tidak melakukan pelanggaran terhadap Robben. Mantan pemain Barcelona ini mengaku beberapa tekel memang merupakan pelanggaran, namun tekel yang menghasilkan hadiah penalti itu seharusnya bukan pelanggaran.

“Saya yakin itu bukan penalti. Saya merasa menyentuh tanah, tapi saya tak menyentuhnya. Mungkin dia (Robben) yang menyentuh saya,” ujar Marquez.

Marquez pun menyayangkan aksi diving yang sering dilakukan Robben di Piala Dunia 2014. Menurutnya, aksi diving itu telah mencoreng moto fair play yang memang diusung oleh federasi sepakbola dunia, FIFA.

Lihat video: Highlight Belanda vs Meksiko.

Bagaimana menurut Anda, apakah Arjen Robben diving?

(YG)

Comment di sini