Cara Sehat Menyusui Saat Puasa Ramadhan

by
June 30th, 2014 at 5:00 pm

CiriCara.com – Islam memberikan keringanan bagi umat muslim dalam menjalankan ibadahnya, termasuk ibadah puasa. Salah satu keringanan yang diberikan saat puasa adalah untuk ibu hamil dan menyusui. Kondisi fisik setiap ibu hamil dan menyusui memang berbeda-beda. Kondisi inilah yag menimbulkan konsekuensi berbeda bagi para ibu saat menjalani puasa di bulan Ramadhan. Ada ibu yang merasa kondisi fisik dirinya dan sang bayi tidak bermasalah sehingga bisa menjalani puasa dengan tenang. Ada pula ibu yang memiliki kondisi lemah atau buah hati lemah sehingga khawatir akan kondisi dirinya dan asupan makan sang bayi yang ada pada ASInya.

Meski kondisi setiap ibu berbeda, ibu menyusui yang merasa tidak mampu berpuasa karena khawatir akan kondisi kesehatan fisiknya dan bayi bisa mengganti puasanya dengan meng-qadha puasa atau membayar fidyah tergantung dari kondisi yang dialami ibu dan bayi. Namun, bagi ibu yang tidak ada masalah jika berpuasa di bulan Ramadhan, berikut cara agar bisa menyusui dengan baik dan sehat selama bulan suci Ramadhan.

1. Asupan Gizi Seimbang

gizi seimbang untuk ibu menyusui / Ist

gizi seimbang untuk ibu menyusui / Ist

Pada dasarnya, ibu menyusui membutuhkan 2200-2600 kalori per hari untuk memberi asupan bagi sang buah hati. Untuk mencukupi kebutuhan kalori harian selama puasa agar sang bayi tetap mendapat nutrisi air susu ibu dan kondisi fisik ibu tetap fit, maka ibu menyusui harus menjaga pola makannya tetap 3x sehari. Pertama saat makan sahur, lalu makan buka puasa, dan dilanjutkan dengan makan malam sebelum tidur. Makanan yang dikonsumsi pun perlu diperhatikan agar semua gizi terpenuhi untuk ibu dan bayi.

Comment di sini