Cara Sehat Saat Berpuasa

by
June 30th, 2014 at 1:45 pm

CiriCara.com – Bulan Ramadhan yang ditunggu-tunggu umat muslim telah tiba. Bulan dimana sebagai orang muslim wajib berpuasa dan harus menahan hawa nafsu serta menahan lapar dahaga hingga waktu berbuka pada sore hari. Banyak tantangan bagi orang berpuasa mulai dari kesehatan, emosi karena lapar dan lain-lain.

puasa

Tetap sehat saat puasa – Ist

Mungkin banyak orang yang merasa lemas dan lesu dalam menjalani aktifitas siang hari karena kehausan atau kelaparan sehingga mereka tidak memiliki tenaga untuk tetap fresh menjalani aktifitas di kantor. Memang tidak dapat dipungkiri hal itu pasti akan muncul, tetapi apa salahnya mengikuti cara-cara di bawah ini agar tubuh tetap fit menajalani kegiatan di siang hari meski berpuasa.

Berikut cara sehat saat berpuasa:

1. Banyak minum air putih

Pada jam berpuasa pastinya Anda tidak diperbolehkan untuk banyak meminum air putih karena dilarang. Tetapi Anda harus banyak meminum air putih setelah waktu berbuka hingga nanti Anda akan kembali sahur, karena pada saat berpuasa cairan di dalam tubuh pasti sangat berkurang ditambah dengan kegiatan yang Anda jalani, sehingga pada saat berbuka Anda harus banyak meminum air putih untuk menggantikan kembali cairan tubuh yang hilang serta dengan meminum air putih lebih cepat meredakan rasa haus dibandingkan meminum minuman yang memiliki rasa.

2. Memakan makanan manis

Seperti yang sudah disebutkan pada iklan makanan, berbukalah dengan yang manis, maka itu benar adanya. Dengan memakan makanan yang manis saat berbuka ataupun sahur membantu tubuh dalam menyuplai tenaga. Dengan suplai makanan manis pada sahur membantu tubuh tetap pada kondisi fit meskipun tidak mendapat asupan makan dan minum pada saat siang hari.

Makanan manis yang Anda makna juga membantu dalam menahan lapar lebih lama. Namun memakan makanan manis saat berbuka ataupun sahur harus tetap diseimbangkan dengan meminum air putih tadi agar zat manis dari makanan tidak hanya menumpuk di tubuh dan malah menjadikannya penyakit. Contohnya makanlah kurma saat berbuka atau sahur karena kandungan di dalam kurma sangat baik untuk tubuh karena manisnya cukup untuk memberikan energi pada tubuh agar tetap lancar beraktifitas meskipun dalam keadaan berpuasa.

3. Berolahraga

Cukupi air putih selama puasa - Ist

Cukupi air putih selama puasa Ramadhan – Ist

Bukan alasan Anda berpuasa jadi segan untuk melakukan olahraga hanya karena takut energi Anda habis dan tidak mampu menjalani puasa hingga waktu berbuka. Malah dengan berolahraga membuat tubuh Anda merasa lebih segar, memang tidak harus melakukan olahraga berat karena benar akan membuat Anda kelelahan dan akhirnya dehidrasi karena tidak diseimbangkan dengan minum.

Cukup lakukan olahraga ringan pada pagi atau sore hari seperti hanya melompat-lompat, lari ditempat maupun hanya sekedar sit up atau push up. Guna dari berolaharaga ini juga agar tubuh Anda tidak merasa kaget dengan perubahan pola makan dan menyegarkan pikiran meski perut lapar.

Bagaimanapun kesehatan tubuh tetap nomer satu dalam menjalani kegiatan sehari-hari agar semua kegiatan lancar hingga akhir. Semua cara yang diberikan pasti dalam porsi yang cukup tidak berlebihan maupun kekurangan. Dan tetap usahakan tidur cukup untuk menghindari mengantuk pada saat bekerja siang hari. Dan jangan meninggalkan ibadah wajib seperti sholat agar puasa yang dijalankan tidak sia-sia. Semoga Ramadhan kali ini diberikan tubuh yang tetap fit dan kesabaran ekstra hingga Ramadhan berakhir.

Comment di sini