Ciri-Ciri Fisik Kanker Payudara

by
June 30th, 2014 at 3:46 pm

CiriCara.com – Setiap wanita harus tahu gejala dan tanda kanker payudara sehingga kapanpun ditemukan adanya ketidaknormalan pada payudara, hal ini bisa segera diperiksakan ke dokter. Kebanyakan wanita yang menderita kanker payudara biasanya hanya mendapati satu atau dua gejala. Namun adanya gejala dan tanda kanker payudara yang didapati di payudara tidak sepenuhnya berarti Anda terkena kanker payudara.

Dengan melakukan tes mammography screening secara rutin, maka dapat segera diketahui tanda kanker payudara stadium awal. Walaupun begitu, kanker payudara juga tidak semuanya bisa dideteksi dengan mammography. Tanda adanya kanker payudara tidak sama untuk setiap wanita. Tapi gejala yang paling umum adalah perubahan tampilan dan rasa pada puting payudara.

Sebagai langkah awal deteksi dini kanker payudara, berikut hal-hal fisik yang bisa dilihat dari payudara Anda.

1. Perubahan Rasa pada Payudara dan Puting

tanda-tanda kanker payudara / national breast cancer

tanda-tanda kanker payudara / national breast cancer

Rasa yang bisa dirasakan antara lain adanya bengkakan di payudara dan daerah ketiak serta puting mengeras. Tekstur kulit payudara juga menjadi berubah, ini bisa dilihat dari melebarnya pori-pori kulit payudara. Beberapa melihat tanda seperti ini serupa dengan kulit jeruk. Rasa nyeri di salah satu titik payudara dan tidak sembuh-sembuh serta benjolan pada payudara sebaiknya segera diperiksakan ke dokter.

Comment di sini