Garuda Merah Prabowo Dianggap Lecehkan Lambang Negara

by
June 30th, 2014 at 9:52 am

Jakarta (CiriCara.com) – Dalam rangka Pemilihan Presiden, sudah menjadi hal umum melakukan metode penyerangan antar kubu capres, bahkan mereka tidak segan pula melancarkan serangan kampanye hitam dan berbagai visual-visual negatif yang menyindir. Dunia maya pun menjadi salah satu media untuk mempengaruhi masyarakat tentang pandangannya terhadap pasangan capres dan cawapres.

Garuda Indonesia / Portal KBR

Garuda Indonesia / Portal KBR

Seperti yang sudah terjadi sebelumnya, Prabowo diduga membawa image nazi ke dalam kancah perpolitikan melalui lagu kampanye karya Ahmad Dhani. Kemudian, Jokowi dihembuskan isu memiliki ideologi komunis. Masih banyak lagi beberapa adu serang antara pendukung Prabowo-Hatta dan Jokowi-JK.

Kali ini kembali ada persoalan yang mulai diperbincangkan, yaitu garuda merah milik Prabowo. Seperti yang kita tahu, ciri khas pasangan capres dan cawapres nomor urut 1 tersebut adalah pin garuda merah. Garuda merah inilah yang menjadi titik permasalahan.

Baru-baru ini ada video di Youtube yang belum diketahui siapa yang mengunggahnya. Belum bisa dipastikan apakah pengunggah adalah pendukung Jokowi atau pihak netral yang memang merasa lambang negara Indonesia dilecehkan karena dicat berwarna merah.

Video yang diunggah oleh akun bernama Motorola Android Indonesia tersebut mempertontonkan Garuda Indonesia yang tengah dicat merah. Terlebih ia juga menjelaskan bahwa logo Garuda Pancasila memiliki arti baik dari bentuk, desain sampai dengan warnanya.

Berikut caption yang tertulis di video tersebut.

“GARUDA MERAH BUKAN KITA

Percakapan saya dengan seorang sales toko grosir spesialis asesoris di Pasar Senen, Lantai 2, Jakarta Pusat. Seminggu lalu. Membuat saya senang. Dan bangga.

Saya : “Mba ada garuda ngga … ?
Mba sales toko : ” Mau kampanye Prabowo ya …
Jawab saya : Sambil senyum saya bilang. Enggak. Saya mau beli garuda. Cuma mau bikin video ( mau jelasin video apa, takut kepanjangan … )
Mba sales toko : Kirain. Soalnya kemaren kemaren itu ada ibu ibu ama bapa bapa, mau order ke kita burung garuda. Tapi maunya garuda yg merah. Lha, kita bingung, kita ngga bikin gituan. Kita ngga trima. Semua yang kita jual adalah asesoris negara yg ada artinya. Ngga bisa sembarang diotak atik. Masa sik semua garuda garuda ini saya merahin …

Garuda merah, sangat mengundang tanya saya. Bisa bisanya lambang negara kita dibuat penuh berwarna merah. Menghilangkan unsur warna warna lain di setiap simbolnya. Menjadi warna merah total.

Secara pribadi, saya sungguh ngga menerima lambang negara saya dibuat seperti itu. Karya saya dan teman teman melalui video ini merupakan bentuk ‘perlawanan’. Semoga memberikan sedikit pencerahan …

GARUDA KITA, GARUDA PANCASILA !!!”

Comment di sini