Kecewa dengan Jokowi, Kader PDIP Pindah Dukung Prabowo

by
June 30th, 2014 at 1:47 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Kabar mengenai kader dan massa PDIP yang berbalik ke arah Prabowo mulai menyeruak. Seperti yang kita tahu, Jokowi merupakan kader PDIP yang kini tengah maju ke dalam Pemilihan Presiden 2014 melawan Prabowo. Sayangnya, beberapa kader partai dengan gambar banteng moncong putih tersebut yang awalnya mendukung Jokowi menjadi beralih mendukung Prabowo.

capres-cawapres 2014 / sindo

capres-cawapres 2014 / sindo

Salah satu di antaranya adalah mantan wakil gubernur Jawa Tengah dan kader PDIP terbaik Jawa Tengah, Rustriningsih, yang dikabarkan pindah haluan ke Prabowo-Hatta. Hal ini disebabkan lantaran pemecatan suami Rustriningsih, Sonny Nooryatno dari PDIP.

Kader lain yang secara terang merapat ke kubu Prabowo adalah Bupati Seluma, Bengkulu, Murman Effendi yang tahun lalu menjadi juru kampanye PDI Perjuangan untuk Provinsi Bengkulu dan kini menjadi ketua tim penggalangan massa pasangan Prabowo-Hatta.

Tokoh pemuda Provinsi Jambi yang merupakan kader PDIP, Dodi Sularso, yang tadinya mendukung Jokowi-JK, mendatangi mendatangi rumah Tim Pemenangan Prabowo-Hatta dengan puluhan kader PDIP lainnya. Dodi mengatakan dirinya tidak mendukung pasangan Jokowi-JK, tapi beralih mendukung pasangan Prabowo-Hatta.

Dua pengamat politik, yakni Ari Dwipayana dari Universitas Gajah Mada (UGM) dan Pangi Syarwi Chaniago dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah memberikan tanggapan terhadap persoalan ini kepada Harian Terbit. Menurut Ari, banyak kader dan simpatisan PDI Perjuangan yang kecewa dengan figur Jokowi sehingga mereka mencari figur lain yang dianggap cocok dan bisa mewakili partainya. Sedangkan Pangi menyebut ketidakjelasan kursi di kubu Jokowi-JK bisa membuat situasi sebuah koalisi tidak nyaman.

Melihat situasi ini, calon presiden Prabowo Subianto dari Partai Gerindra mengaku siap merekrut kader terbaik dari PDIP jika ia menang Pilpres 2014. “Kita akan rekrut putra-putra terbaik bangsa, kita juga akan rekrut kader-kader terbaik PDIP. Kita boleh bertarung sekarang tapi untuk kemajuan Indonesia, kita harus bersatu,” kata Prabowo. (MD)

Comment di sini