Manfaat Si Merah Bagi Kesehatan

by
June 30th, 2014 at 2:30 pm

CiriCara.com – Bagi ibu-ibu rumah tangga bawang merah tentunya sudah tidak asing lagi. Terlebih bagi mereka yang sering berwisata kuliner, bawang merah seakan tidak pernah lepas dari setiap masakan. Tahukah Anda bahwa bawang merah semakin menambah daftar panjang bumbu masak yang dapat dijadikan obat tradisional seperti saudaranya bawang putih.

Bawang MerahNamun jika dibandingkan dengan bawang putih, popularitas bawang merah masih belum begitu seternar bawang putih. Meskipun begitu khasiat bawang merah bagi kesehatan tidak bisa disepelekan begitu saja, karena bawang merah ini mampu mengatasi beberapa kerusakan pada tubuh kita mulai dari ujung rambut hingga bagian tubuh yang lain.

Di dalam sebutir bawang merah terkandung beberapa senyawa seperti minyak atsiri, sikloaliin, metialiin, dehidroaliin, flavonglikosida, kuersetin, saponin, peptida, fitohormon, vitamin, dan zat pati seperti yang terdapat pada manfaat lengkuas merah. Nah, daripada penasaran apa saja khasiat si imut merah ini bagi kesehatan kita mendingan kita langsung saja intip beberapa info menarik berikut ini :

1. Menumbuhkan rambut

Masih ingatkah Anda ketika bayi biasanya orang tua kita sering memijat-mijat kepala kita dengan bawah merah dengan campuran minyak kelapa? Nah, tahukah Anda bahwa itu dilakukan agar rambut pada si bayi lekas tumbuh guys. Karena dengan memijat kulit kepala dengan bawang merah yang telah dihaluskan mampu meningkatkan sirkulasi darah sehingga mengakibatkan pertumbuhan rambut baru.

Sulfur bawang merah yang berfungsi mengurangi rambut rontok mampu pula meninduksi pertumbuhan rambut. Nah, guys bagi Anda yang menginginkan rambut lebat campurkanlah bawang merah yang telah dihaluskan (bisa diblender) dengan minyak kelapa dan pijat kulit kepala kemudian biarkan selama 40 menit lalu pilang dengan sampo.

2. Mengobati rambut rontok

Bawang merah yang kaya akan sulfur mampu miningkatakan sirkulasi darah dan memperkuat rambut. Siapkan ramuan bawang merah yang telah dihaluskan terlebih dahulu, kemudian pijatlah kulit kepala dengan hot coconur oil selama kurang lebih 30 menit lalu tutup rambut Anda dengan handuk hangat untuk menguapkan rambut.

3. Mengatasi Ketombe

Bagi Anda yang jengkel yang namanya ketombe Anda tidak perlu pusing-pusing lagi karena sekarang si merah imut yang sering Anda jumpai di dapur ini mampu mengatasinya. Yaps, campurkan bawang merah yang telah dihaluskan terlebih dahulu dengan lemon, dadih, dan tambah beberapa tetes madu. Oleskan pada rambut Anda dan biarkan selama kurang lebih 30 menit, bilas dengan sampo anti ketombe ringan untuk menyingkirkan ketombo-ketombe Anda secara alami.

4. Menurunkan Kolestrol

Bawang juga bermanfaat untuk menjaga kolestrol baik dalam darah yang membantu melindungi tubuh terhadap penyakit jatung. Hal ini diperkuat dengan penelitian yang dilakukan oleh Para ilmuan dari Hong Kong pada seekor hamster yang mengkonsumsi makanan tinggi kolestrol dengan memberikan bawan merah yang telah dihancurkan.

5. Meredakan Sakit Tenggorokan

Bawang merah selain digunakan untuk kesehatan rambut ternyata juga dapat digunakan untuk meredakan sakit tenggorokan atau istilah kerennya sebagai obat ayurveda saat mengalami batuk dan sakit tenggorokan. Caranya dengan menghaluskan bawang merah seperti membuat jus lalu tambahkan sedikit jahe.

Bawang merah

6. Menurunkan risiko diabetes

Jika penderita diabetes mengkonsumsi bawang merah itu sama saja meningkatkan produksi insulin. Dimana seperti yang dilansir pada Bold Sky bagi para penderita diabetes dianjurkan untuk mengkonsumsi bawang merah secara rutin.

7. Mengurangi risiko gangguan hati

Dengan mengkonsumsi bawang merah mentah dapat melindungi hati dari penyakit penyakit koroner. Bawang juga dapat mengendalikan darah tinggi dan membuka arteri yang tersumbat jadi terbuka.

Well, itu tadi beberapa manfaat mengenai si merah imut nan kaya manfaat si bawang merah. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda semua ya guys. Salam sehat selalu.

Comment di sini