Pesona Tanah Lot Pulau Jawa

by
June 30th, 2014 at 4:46 pm

CiriCara.com – Bagi Anda para pecinta wisata pantai tentunya tidak asing lagi dengan yang namanya Tanah Lot bukan? Coba tebak dimana letaknya? Bali, yups bener banget Tanah Lot memang berlokasi di Pulau Dewata Bali. Biasanya ketika kita ingin menikmati pesona pulau dengan sejuta wisatawan dari seluruh negeri harus melanglang buana dan membutuhkan uang yang super duper banyak.

pesona pantai bale kambang

Pantai Balekambang – Ist

Nah, sekarang bagi Anda yang berkeinginan ke Tanah Lot tidak perlu jauh-jauh ke pulau Dewata Bali, sebab di Pulau Jawa pun ada tempat yang serupa dan tidak kalah indahnya dengan Tanah Lot di Pulau Dewata tersebut. Cobalah Anda datang ke Pantai Balekambang di Malang. Tahukah Anda bahwa kontur dan bentuk pantai beserta kondisi alamnya hampir mirip dengan Tanah Lot di Bali sana. Sebuah pura Hindu berdiri cantik di tengah pantai pada batu raksasa yang menghadap ke samudera luas.

Pantai Balekambang berada di Desa Srigoco, Kecamatan Bantur, tepatnya sekitar 70 kilometer arah selatan Kota Malang Jawa Timur. Pantai Balekambang termasuk pantai yang landai yang dipenuhi dengan karang laut yang membentang sepanjang 2 KM dengan lebar 200 meter ke arah laut. Ketika air laut surut akan nampak ikan hias beserta aneka biota laut lainnya yang berkerumun di atas air.

Pantai yang dijuluki Tanah Lot-nya Jawa ini sangat cantik dan layak untuk dikunjungi, khusunya saat weekend bersama sanak famili atau orang-orang terkasih. Karena suasana pantai dengan pasir putih yang membentang disepanjang dua kilometer berpadu bersama ombak yang menggulung semakin menambah keasrian dan menyejukkan mata.

Ketika Anda mengunjungi pantai dengan julukan Tanah Lot-nya Pulau Jawa ini, Anda akan disuguhi dengan tiga buah pulau yang berjajar ke arah barat, yaitu Pulau Ismoyo, Pulau Anoman, dan Pulau Wisanggeni. Ketiga pulau tesebut dinamai sesuai dengan karakter dalam pewayangan. Pulau wisanggeni terhubung langsung ke Pantai Balekambang sedangkan Pulau Ismoyo dihubungkan oleh jembatan beton sepanjang 100 meter.

Di Pulau Ismoyo inilah berdiri sebuah pura yang bernama Pura Amerta Jati atau biasa dikenal sebagai Pura Ismoyo. Amerta ini dibangun pada tahun 1985 atas prakarsa Bupati Malang Edi Slamet. Pura ini didesain mengikuti Pura Tanah Lot yang terkenal di Bali, Pura ini juga merupakan tempat suci bagi umat Hindu dan sering digunakan sebagai tempat berlangsungnya kegiatan keagamaan terlebih pada bulan Suro. Dan biasanya pada bulan tersebut Pantai Balaikambang akan padat pengunjung baik dari lokal maupun manca negara. Bagi penduduk setempat yang masih memegang tradisi biasanya menggelar upacara Surohan dan Upacara Jalanidha Puja.

Pantai Balekambang - Ist

Jalan menuju pura di pantai Balekambang – Ist

Walau letak pantai cukup terpencil, namun Pantai Balekambang memiliki semua fasilitas yang diperlukan wisatawan mulai dari warung makan tradisional, restoran, penjaga pantai, toko souvenir, toilet umum, tempat parkir yang luas, camping ground, kantor informasi, bungalow sederhana, mushola, pendopo, hingga penginapan. Bahkan baru-baru ini ada wahana flying foxnya. Namun sayangnya permainan ini hanya dibuka pada hari Sabtu-Minggu. Selain flying fox mainan anak seperti ayunan dan patung hewan tersedia lengkap di pantai ini. Bahkan persewaan ATV pun ikut hadir melengkapi fasilitas di pantai cantik ini.

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi pantai dengan seribu pesona ini, Anda dapat menempuhnya dengan kendaraan pribadi melalaui kecamatan Gondanglegi dan Kecamatan Bantur, dilanjutkan ke Desa Srigoco. Perjalanan menuju Pantai Balaikambang dapat juga ditempuh melalui Kecamatan Kepanjen, Kecamatan Pagak kemudian belok ke keri kearah Bantur. Namun yang harus Anda garis bawahi ketika berkunjung ke pantai cantik ini adalah saat Anda melalui jurang mayit. Anda harus ekstra hati-hati meskipun jalannya sudah beraspal mulus karena sering kali para pengunjung sering mengalami kesulitan pada kawasan ini.

Biaya retribusi masuk ke lokasi wisata ini cukup terjangkau yaitu Rp 15.000,- per orang. Jika para pengunjung ingin menginap di pantai cantik ini ada beberapa pilihan penginapan mulai dari harga Rp 100.000,- per hari hingga hotel berkualitas lebih bagus dengan tarif mulai Rp 350.000,- hingga Rp 500.000,- per hari. Penginapan ini memiliki fasilitas yang memadai dan menyuguhkan pemandangan langsung ke arah pantai dan laut lepas.

Jika Anda berkunjung ke Pantai Balekambang jangan lupa juga sempatkan singgah ke Pantai Kondang Merak, Pantai Ngliyep, Pantai Bajul Mati, Pantai Gua China, dan Pantai Sendang Biru. Karena pantai-pantai tersebut berdekatan dengan lokasi Pantai Balekambang.

Comment di sini