Puasa ala Anak Kecil Jaman Dulu

by
June 30th, 2014 at 10:04 am

CiriCara.com – Sebagai umat Muslim yang baik, kita sudah diajarkan untuk menjalankan ibadah puasa Ramadan sejak masih kecil. Walaupun tidak diwajibkan, belajar puasa sejak masih kecil itu sangat bermanfaat. Minimal pas sudah dewasa jadi tidak ngeluh lagi. Hayo siapa yang masih suka ngeluh laper pas puasa?

anak kecil berdoa

Anak kecil sedang berdoa – Kominfo

Sekadar untuk nostalgia, kita tentunya punya kenangan-kenangan unik saat belajar puasa pas masih kecil, yang kalo diingat-ingat bikin kita ketawa sendiri. Ini tepat banget pas momennya dengan momen bulan Ramadan 1435 H/2014 M.

Daripada kamu mengkhayal makanan dan bikin puasa kamu jadi nggak kuat, mending kamu mengkhayal kenangan masa kecil pas puasa Ramadan. Siapa tahu dengan cara ini puasa Ramadan tahun ini jadi nggak berasa lapernya.

Berikut cara puasa ala anak kecil jaman dulu:

1. Puasa setengah hari

Tentu kamu ingat dengan cara belajar puasa yang satu ini. Nggak kuat puasa penuh ya akhirnya puasa setengah hari, alias berbuka pas jam 12.00 WIB. Padahal sih ini sama aja dengan makan pagi (sahur) dan makan siang tapi bedanya cuma nggak jajan.

Kalau sekarang bagaimana? Jika puasanya masih setengah hari, entar dapet pacarnya juga yang cuma setengah hati, lho. He he he

2. Nggak sahur nggak puasa

Kebiasaan anak kecil itu susah buat dibangunin sahur. Akibatnya dia nggak sahur dan pagi harinya malah menyantap nasi. Pas ditanya kenapa nggak puasa, pasti jawabannya “kan nggak sahur jadi nggak kuat puasa”. Wajar sih, kan anak kecil.

Tapi, kalau kamu yang udah gede masih alesan sama karena nggak sahur, itu tandanya kamu masih anak-anak, cuma badan doang yang gede. He he he

3. Keren-kerenan

Anak kecil itu memang paling suka bangga-banggain diri sendiri. Punya mainan baru dipamerin, punya pensil yang bisa dilipat-lipat dipamerin. Nah, kalau pas momen Ramadan biasanya yang dipamerin adalah puasanya.

“Aku kuat puasa sampai jam 12 dong,” kata anak A. “Lah, aku lebih lama, aku kuat puasa sampai jam 12 lebih 5 detik dong,” jawab anak B sambil merasa lebih keren dari A. Bagaimana, apakah kamu juga pernah melakukan hal yang sama?

melatih anak puasa4. Hadiah jika puasanya tamat

Waktu kecil biasanya kita akan buat perjanjian dengan ibu/bapak untuk memberikan hadiah jika puasa kita tahun ini tamat atau 1 bulan penuh. Biasanya sih minta hadiah mainan baru atau baju baru buat lebaran.

Jika cara tersebut masih diterapkan sampai sekarang, mungkin kamu bakalan minta jodoh. Biar pas lebaran nggak sendirian lagi. He he he.

Bagaimana, apakah kamu pernah melakukan salah satu cara puasa di atas saat masih kecil dulu?

(YG)

Comment di sini