Cara Membangun Komunikasi yang Baik dengan Pasangan

by
July 1st, 2014 at 4:52 pm

CiriCara.com – Salah satu penyebab umum sebuah hubungan berakhir dengan pertengkaran adalah karena adanya kualitas komunikasi yang buruk. Jalinan kasih dibangun pula dengan bagaimana cara kita berkomunikasi. Pada dasarnya, wanita dan pria adalah individu yang berbeda. Terkadang apa yang menurut wanita wajar, belum tentu sama dengan perspektif pria. Misalnya saja dalam hal romantisme. Menurut sebagian wanita, romantis adalah memberikan bunga, dinner di tempat romantis, menyanyikan lagu, dan lain sebagainya. Namun bagi beberapa pria, romantis tidak selalu diungkapkan dengan hal-hal yang berbau romantis.

Karena dasar pemikiran wanita dan pria yang sangat berbeda, maka sangat penting mempelajari ilmu komunikasi dalam hubungan pernikahan. Mengapa penting? Coba saja Anda pikirkan mengenai pemilihan kata yang tepat, intonasi yang lembut, dan gerak tubuh yang mendukung sehingga tidak menyulut emosi pasangan.

Contohnya adalah saat memuji pasangan. Coba bedakan antara, “Terima kasih ayah sudah menemani anak bermain” dengan “Ayah pinter banget bikin anak tertawa. Terima kasih ya ayah udah nyempetin waktu main sama anak”.

Jika Anda merasa kualitas komunikasi dengan pasangan buruk, mungkin langkah berikut bisa membantu Anda memperbaiki komunikasi agar lebih baik.

1. Mendengar

pendengar yang baik / shutterstock

pendengar yang baik / shutterstock

Ketika sedang beradu argumen, usahakan Anda tidak ngotot pada argumen Anda. Sebaiknya berhenti dan dengarkan pasangan. Mendengarkannya berbicara pun harus dengan penuh perhatian, bukan pura-pura mendengarkan padahal di pikiran Anda masih ada banyak hal yang ingin diungkapkan ke pasangan. Dengarkan dan pahami ia jika Anda juga ingin diperlakukan sama olehnya.

Comment di sini