Dihukum Seumur Hidup, Akil Tidak Menyesal

by
July 1st, 2014 at 8:59 am

Jakarta (CiriCara.com) – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar akhirnya dijatuhi hukuman penjara seumur hidup oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta. Akil dinyatakan bersalah terkait kasus tindak pidana korupsi.

akil mochtar

Akil Mochtar saat disidang – Ist/JPNN.com

“Menyatakan terdakwa bersalah, menjatuhkan hukuman pidana seumur hidup kepada terdakwa (Akil Mochtar),” kata Ketua Majelis Hakim Suwidya di PN Tipikor, Jakarta, seperti dikutip dari detik.com, Selasa (1/7/2014).

Namun, majelis hakim tidak memberikan sanksi denda kepada Akil. Pasalnya, vonis pembayaran denda itu bisa dihapuskan karena Akil sudah dijatuhi hukuman dengan durasi maksimal, yakni seumur hidup.

Menanggapi vonis tersebut, Akil mengaku tidak menyesal. Dia mengatakan bahwa apa yang dituduhkan kepadanya saat sidang itu tidak benar. “Saya tidak menyesal. Saya tidak pernah melakukan apa yang dituduhkan,” katanya, usai sidang Senin (30/6/2014) malam.

Lebih lanjut, Akil pun menantang akan meminta keadilan kepada Tuhan. Akil secara lantang akan mengajukan banding sampai ke akhirat sekalipun. Dia tetep yakin bahwa dirinya tidak pernah melakukan apa yang telah dituduhkan.

“Sampai ke Tuhan pun saya akan banding! Sampai ke surga pun saya banding!” kata Akil.

Akil juga mengatakan bahwa vonis yang diputuskan majelis hakim itu sebagai wujud pembalasan dendam. Namun sayang, Akil tidak bersedia menjelaskan siapa orang yang ingin balas dendam kepada dirinya.

“Ini balas dendam,” ujar Akil dengan nada tinggi dan raut muka kesal.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) sebelumnya menuntut Akil dijatuhi hukuman seumur hidup. Tidak hanya itu, mantan politisi Partai Golkar ini pun diharuskan membayar denda sebesar Rp 10 miliar karena telah menerima suap dari sengketa Pilkada Lebak, Gunung Mas, Pelembang, dan Empat Lawang. Namun, keputusan hakim hanya menjatuhi hukuman seumur hidup.

Dalam sidang vonis tersebut tidak ada satu pun anggota keluarga Akil yang hadir. Istri Akil, Ratu Rita dan kedua anaknya, Aries Aditya Safitri dan Januar Rizki Ananda tidak terlihat di ruang sidang. Hanya ada beberapa kolega yang terlihat menyimak sidang vonis Akil.

(YG)

Comment di sini