Pendukung Prabowo di Facebook Capai 7 Juta Like

by
July 1st, 2014 at 10:03 am

CiriCara.com – Berbicara tentang kedua calon presiden 2014 Prabowo dan Jokowi, bila dilihat dari fanspage resminya di Facebook, Prabowo Subianto lebih banyak mendapat like daripada Joko Widodo.

page Prabowo di Facebook

page Prabowo di Facebook

Kamis lalu (26/6/2014), Jokowi sempat membuka sesi tanya-jawab dengan para pendukungnya di Facebook. Acara yang berjudul “Jokowi Ngobrol Bareng Netizen” ini rupanya tidak begitu mendorong tambahnya like secara signifikan dari para pengguna Facebook. Justru fanspage Prabowo-lah yang sepertinya lebih populer di jagat dunia maya.

Sampai hari ini (1/7/2014) jumlah like capres nomor urut 1, Prabowo, mencapai 7,2 juta likes. Sementara fanspage capres Jokowi mendapat 64 ribu likes. Dilihat dari jumlah like pada fanspage resmi mereka, Prabowo mendapat lebih banyak perhatian dari para netizen.

Selain itu situs Evello.co.id merilis hasil popularitas kedua capres di media online. Khusus di Facebook, share index Prabowo-Hatta unggul 51,71 persen melawan Jokowi-JK 48,29 persen.

Perwakilan Evello.co.id, Nurhadi M Musawir, mengatakan tren kenaikan popularitas Prabowo-Hatta menunjukkan pola stabil pada media online, Facebook, dan Twitter.

“Kampanye hitam dan kampanye negatif tidak berpengaruh signifikan. Sosialisasi program lebih memiliki imbas positif,” kata Nurhadi dalam siaran persnya, Jumat (27/6/2014), dilansir dari ANTARA News.

Baca juga: Prabowo Masuk Daftar Politisi Terpopuler di Dunia.

page Jokowi di Facebook

page Jokowi di Facebook

Pengamat politik dari Universitas Indonesia, Agung Suprio, berpendapat meningkatnya popularitas pasangan capres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa lantaran mereka memiliki tim media center yang cerdas. Ini karena tim media center dan tim online Prabowo-Hatta bekerja lebih all out.

“Mereka mampu menyosialisasikan program Prabowo-Hatta dalam bahasa yang lugas dan sederhana, serta melakukan counter attack terhadap serangan negatif,” kata Agung.

Meski begitu, dilihat data grafis dari Facebook-Indonesian Election Tracker pada aplikasi Facebook Indonesia bertajuk Facebook Suara Indonesia, Jokowi lebih banyak dijadikan bahan pembicaraan dibandingkan dengan Prabowo. (MD)

Comment di sini