Cara Atasi Rasa Ngantuk saat Puasa

by
July 2nd, 2014 at 3:09 pm

CiriCara.com – Mengantuk menjadi salah satu masalah yang paling sering dikeluhkan oleh orang saat berpuasa. Melaksanakan salat tarawih dan bangun sahur pas dinihari menjadi salah satu penyebab rasa ngantuk itu muncul pas di siang hari saat puasa. Anda juga mengalaminya?

ngantuk di siang hari

Ngantuk saat siang hari – Ist

Rasa ngantuk di siang hari tentu sangat mengganggu, apalagi saat jam bekerja. Pekerjaan yang harusnya bisa selesai dengan cepat malah jadi keteteran karena Anda mengantuk. Otak jadi tidak bisa konsentrasi dan akibatnya pekerjaan yang mudah akan jadi susah.

Meskipun demikian, Anda jangan khawatir. Sebenarnya rasa ngantuk di siang hari saat berpuasa itu bisa dihilangkan lho. Mau tahu cara menghilangkan rasa ngantuk di siang hari saat bulan puasa? Berikut penjelasannya:

1. Jalan-jalan ringan

Cobalah untuk berdiri dari kursi kerja Anda dan berjalan-jalanlah sejenak ke luar ruangan, lihat tumbuhan hijau, dan hirup udara bersih agar mata jadi segar. Jalan-jalan ringan seperti ini akan membuat rasa ngantuk jadi hilang. Sirkulasi darah ke otak pun jadi lancar.

2. Lihat hal yang lucu

Cobalah untuk mencari hal yang lucu yang bisa membuat Anda tertawa. Membaca cerita lucu, komik lucu, atau melihat acara humor akan membantu Anda agar tidak mengantuk lagi. Mata yang tadinya terasa berat akan kembali segar dan fres karena tertawa.

3. Cuci muka

Saat Anda mulai merasa ngantuk di siang hari, sebaiknya segera cuci muka. Agar menambah nilai ibadah, Anda bisa cuci muka dengan cara berwudu dan kemudian diteruskan dengan salat sunnah. Dengan mencuci muka pakai air akan membuat Anda jadi merasa lebih segar.

Mr Bean

Cara Mr. Bean atasi rasa ngantuk – Ist

4. Lakukan meditasi

Ketika Anda merasa mulai mengantuk, segera hentikan aktivitas kerja Anda. Cobalah untuk bermeditasi dengan cara merilekskan tubuh tanpa harus memejamkan mata. Anda bisa mulai melakukan beberapa latihan pernapasan. Ini akan membantu Anda jadi merasa lebih segar.

5. Tidur siang

Saat merasa ngantuk, sebaiknya Anda tidur siang. Memaksakan kerja saat mengantuk hanya akan membuat pekerjaan jadi kacau. Tidur siang di sini adalah “power nap” atau tidur dalam waktu singkat, hanya beberapa menit. Sehingga Anda tidak perlu takut malas bangun.

Itulah beberapa cara untuk menghilangkan rasa ngantuk di siang hari saat berpuasa. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1435 Hijriyah.

(YG)

Comment di sini