5 Cara Mepertahankan Kesuksesan dalam Berkarier

by
July 3rd, 2014 at 3:38 pm

CiriCara.com – Kesuksesan tidak dapat terwujud dalam sekejap saja. Dibutuhkan kerja keras, ketekunan, serta waktu dan proses yang panjang untuk dapat meraihnya. Ketika Anda sedang berada pada puncak kesuksesan karier Anda, cenderung semakin banyak pula tantangan yang akan Anda hadapi. Salah satu tantangan terbesar adalah bagaimana Anda dapat mempertahankan apa yang telah Anda capai. Tentunya Anda ingin tetap dapat mempertahankan apa yang telah Anda mulai dan capai dalam sejarah karier Anda.

Cara menjaga kesuksesan karier Anda - Ist

Cara menjaga kesuksesan karier Anda – Ist

Berikut merupakan 5 hal yang dapat Anda terapkan untuk bisa mempertahankan kesuksesan karier Anda tersebut:

Tetap Fokus pada Tujuan

Jangan biarkan Anda terlarut saat menikmati buah kesuksesan sampai-sampai mengabaikan tugas dan tanggung jawab Anda. Perlu diingat pula, kecil ataupun besar kesalahan yang pernah Anda buat saat bekerja, jangan dijadikan hal tersebut sebagai batu sandungan, melainkan jadikanlah hal tersebut sebagai batu loncatan dan pelajaran untuk lebih baik lagi. Pusatkan fokus Anda pada tujuan-tujuan lain yang masih ingin Anda capai dan rencana yang telah Anda siapkan untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut.

Konsistensi dalam Bekerja

Dibutuhkan usaha yang maksimal untuk mencapai hasil yang maksimal pula. Untuk itu, jangan pernah bosan ataupun ragu dalam memberikan usaha Anda yang terbaik dalam setiap hal yang Anda kerjakan. “Jika Anda selalu mempersembahkan yang terbaik, hal itu akan menjadikan Anda seorang pemenang” ~Zig Ziglar. Jangan cepat merasa puas saat sudah berhasil dalam suatu pekerjaan. Bagaimanapun juga konsistensi performa dalam bekerja tetap dibutuhkan agar Anda dapat mempertahankan kesuksesan karier Anda tersebut.

Rendah Hati

Ingatlah bahwa apa yang telah berhasil Anda capai semata karena anugerah Tuhan yang Maha Esa, bukan karena kuat gagah Anda. Selain itu, jangan lupakan pula orang-orang penting yang telah berperan besar di balik kesuksesan Anda. Perjalanan karier Anda masih panjang dan Anda tidak mungkin dapat mengandalkan kekuatan Anda sendiri untuk dapat mempertahankan kesuksesan tersebut. Tetaplah rendah hati dan jangan ragu untuk meminta bantuan orang lain saat Anda membutuhkannya.

Mau Terus Belajar

Belajar merupakan proses yang akan berlangsung terus menerus sampai kita tua nanti. Ketika Anda sudah sukses, bukan berarti Anda akan berhenti belajar. Sebaliknya, Anda harus semakin banyak memperkaya diri Anda dengan pengetahuan dan pengalaman karena dari keberhasilan lahir tanggung jawab yang lebih besar bagi Anda untuk mempertahankan dan meneruskan apa yang telah Anda mulai dan capai. Jadikanlah pula kesalahan dan kegagalan sebagai pelajaran yang berharga agar Anda tidak mengulanginya lagi di waktu yang akan datang.

Gunakan Self-Reminder agar Tetap Semangat

Terkadang usaha Anda untuk mempertahankan kesuksesan tidaklah selalu berjalan mulus. Adakalanya Anda merasa jenuh dengan rutinitas, tidak termotivasi untuk bekerja, ataupun merasa putus asa saat mengerjakan tugas tertentu. Tatkala hal tersebut muncul, self-reminder menjadi penting. Ketika Anda tergoda untuk berhenti ataupun menyerah, ingatlah alasan kenapa Anda memulai segala sesuatunya sampai kepada titik kesuksesan yang telah Anda capai. Sebab tidak ada yang dapat memotivasi diri Anda dengan sangat baik, selain diri Anda sendiri.

5 langkah di atas mungkin terkesan sederhana, namun tanpa Anda sadari mungkin Anda melewatkannya. Tidak ada yang tak mungkin Anda wujudkan apabila Anda mau berusaha dan mencoba. Semoga kelima hal di atas dapat bermanfaat untuk membantu mempertahankan kesuksessan karier Anda.

Comment di sini