Cara Merawat Peralatan Masak

by
July 3rd, 2014 at 3:15 pm

CiriCara.com – Peralatan masak adalah peralatan yang paling sering digunakan terutama untuk para kaum wanita. Maka itu peralatan masak harus dirawat agar tetap bersih dan awet walaupun sering digunakan. Jangan sampai peralatan masak yang baru Anda dibeli dan baru dipakai beberapa kali sudah berubah menjadi karatan atau berjamur dan memiliki banyak goresan.

Jika perlatan masak atau dapur Anda bisa bertahan lama, itu artinya Anda akan menghemat pengeluaran keluarga. Anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang ekstra untuk membeli alat dapur yang baru. Mau tahu cara merawat alat dapur/masak yang baik dan benar?

Berikut adalah cara-cara merawat alat masak berdasarkan bahan pembuatannya:

1. Cara merawat alat masak dari bahan logam

Perlatan dapur yang terbuat dari logam – Foto: Ist

  • Cara agar makanan tidak menempel pada panci adalah rebus air dengan cuka secukupnya di dalam panci yang akan digunakan selama kurang lebih 2 menit. Setelah itu buang air rebusan cuka tersebut lalu panci siap digunakan untuk memasak
  • Cara membersihkan alat masak dari karat atau noda hitam adalah gosoklah dengan minyak tanah sampai noda menghilang lalu bilas lah dengan sabun colek untuk menghilangkan bau minyak tanah. Lalu cucilah alat masak itu dengan sabun pencuci piring dan air bersih. Maka dengan cara tesebut alat masak Anda akan bersih seperti baru
  • cara untuk menghindari bercak pada bahan stainless steel adalah setelah peralatan tersebut di cuci maka keringkan dengan kain agar dapat menyerap percikan sisa-sisa air.
Comment di sini