Pilpres 9 Juli 2014 Jadi Hari Libur Nasional

by
July 3rd, 2014 at 4:26 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah menetapkan hari Rabu, 9 Juli 2014, sebagai hari libur nasional. Hal ini diputuskan agar seluruh masyarakat Indonesia bisa leluasa memberikan hak suara mereka pada saat hari Pemilihan Umum Presiden 2014 tersebut.

pemilihan umum

Ilustrasi Pemilu – Ist

Seperti dilansir setkab.go.id, penetapan 9 Juli 2014 sebagai hari libur nasional itu sudah tercantum dalam Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2014. Keppres tersebut sudah disetujui dan ditandatangani oleh Presiden SBY pada 30 Juni, lalu.

Dalam Keppres itu, Presiden menetapkan, bahwa hari Rabu, tanggal 9 Juli 2014 sebagai hari libur nasional untuk pemungutan suara Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden,” demikian kutipan dari situs Setkab.go.id, Rabu (2/7/2014), kemarin.

Melalui Keppres tersebut, Presiden SBY juga memutuskan hari dan tanggal lain yang telah ditetapkan oleh KPU untuk pemilihan lanjutan dan/atau susulan (jika ada, red) sebagai hari libur nasional. Itu artinya, jika ada Pilpres putaran kedua, maka hari tersebut jadi hari libur.

“Keputusan Presiden ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan,” demikian bunyi diktum KEDUA Keppres Nomor 24 Tahun 2014.

Seperti yang telah diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan jadwal Pemilu 2014 mulai dari pemilihan DPR, DPRD, DPD (Pemilihan Legislatif/Pileg), sampai pemilihan calon presiden dan calon wakil presiden. Pileg sudah dilaksanakan pada 9 April 2014, lalu.

Untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, Peraturan KPU telah menetapkan hari Rabu, 9 Juli 2014, sebagai hari pemilihan (Pilpres). Setiap warga negara Indonesia yang telah berusia 17 tahun ke atas (punya KTP), maka ia berhak memberikan hak suaranya di hari tersebut.

surat suara presiden 2014

Contoh surat suara pemilihan presiden 2014 – Metrotvnews.com

Pilpres kali ini hanya diikuti oleh dua pasangan capres-cawapres. Pasangan nomor urut satu; Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa. Sementara pasangan nomor urut dua; Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK).

Bagaimana, apakah Anda sudah menentukan mau pilih siapa?

(YG)

Comment di sini