Pola Diet Sehat Selama Ramadhan

by
July 3rd, 2014 at 4:21 pm

CiriCara.com – Selain tujuan ibadah, banyak orang berpuasa untuk mendapat manfaat diet sekaligus. Terlebih bagi mereka yang mempunyai masalah berat badan. Beberapa lagi yang lainnya mengutamakan tujuan kesehatan tubuh ketika berpuasa. Namun, kebanyakan orang justru gagal diet atau makan secara sehat karena biasanya selama Ramadhan banyak santapan istimewa yang sayang bila dilewatkan. Godaan terbesar saat berbuka puasa adalah banyak makan.

Bila Anda ingin menurunkan berat badan, menjaga proporsi tubuh ideal, atau meningkatkan kebugaran tubuh selama Ramadhan, sebaiknya Anda mengubah pola diet yang salah. Berikut beberapa panduan untuk dapatkan pola diet sehat selama Ramadhan.

1. Saat Buka Puasa

buka puasa dengan kurma / Ist

buka puasa dengan kurma / Ist

Ketika tiba waktu berbuka puasa, hindarilah langsung makan berat dengan porsi bersar karena bisa menyebabkan rasa tidak nyaman di lambung atau begah. Sebaiknya awali buka puasa dengan minum air putih dan makan buah kurma. Anda juga ada baiknya tidak tergoda menyantap berbagai menu takjil manis dengan indeks glikemik tinggi. Mengonsumsi makanan manis saat perut kosong akan memicu respon insulin yang tinggi sehingga menyebabkan penimbunan lemak di tubuh.

Untuk minuman, hindari minuman dingin dan bersoda. Minum es dan minuman bersoda sebelum makan bisa mengurangi nafsu makan dengan memberi rasa kenyang sehingga membuat Anda sedikit makan yang juga berarti membuat Anda melewatkan berbagai nutrisi pada makanan.

Comment di sini