Bermimpi Menjadi CEO? Ini Tipsnya

by
July 4th, 2014 at 9:39 am

CiriCara.com – Mau kaya? Jangan jadi karyawan! Sebuah pepatah yang banyak memotivasi orang untuk mendirikan sebuah usaha. Ditambah lagi figur-figur sukses yang telah berjamuran dimana-mana menambah semangat kaum muda untuk menjajal kemampuannya membuka peluang usaha.

Ciri Anda berbakat jadi pengusaha sukses

Cara menjadi CEO perusahaan yang baik dan sukses – AskMen

Siapa yang tidak mengenal Facebook? Hampir semua penduduk dunia dibuat kegandrungan dengan social media yang satu ini. Mark Zuckerberg, CEO Facebook telah membuat semua orang tercengang. Masih muda namun telah menapaki puncak kesuksesannya. Dengan demikian banyak pula mimpi-mimpi untuk menjadi CEO.

Secara umum CEO (Chief Executive Officer) merupakan orang yang berpengalaman untuk mengubah jalan hidup baik itu seseorang ataupun usaha atau perusahaan yang ditanganinya. Dibutuhkan upaya cerdas pemikiran, cerdas dalam mengambil langkah bisnis, dan kemampuan manajemen untuk mengarahkan dengan cermat serta bertanggungjawab atas segala hal yang ditangani.

Tips-tips berikut ini mungkin bermanfaat bagi Anda yang memiliki mimpi menjadi CEO suatu hari nanti:

  1. Latih memiliki sikap jujur dan tanggung jawab dan asah keterampilan kepemimpinan Anda
  2. Latih keterampilan berkomunikasi secara efektif
  3. Menjaga hubungan baik dengan orang lain sebagai ajang latihan untuk menjaga hubungan baik dengan anak buah dan relasi serta customer nantinya.
  4. Bangun sebuah visi yang tepat untuk menjadi seorang CEO. Perusahaan akan terarah dan sukses dengan visi yang tepat.
  5. Menentukan strategi untuk berkarir sebagai CEO. Rumuskan pula strategi pengembangan usaha, tentukan rencana bisnis secara terperinci serta target yang akan dicapai.

Selain itu berikut ini terdapat beberapa profil CEO sukses di dunia beserta wejangan-wejangan bagi Anda jika ingin sukses seperti mereka :

1. Steve Ballmer, CEO Microsoft

Jadilah orang yang pantang mundur. “Nomor satu, ide-ide yang hebat itu penting. Kedua, temukan passion Anda. Dan nomor tiga, jadilah orang yang gigih, pantang mundur.”

2. Larry Page, CEO Google

Kenali batasan Anda dan selalu jaga ego Anda. Ketika Larry Page dan Sergey Brin mulai membangun Google, kedua pria ini telah meramalkan bahwa skill mereka belum tentu sejalan dengan nilai yang dapat dibawa seorang CEO. Oleh karena itu mereka merekrut veteran di bidang teknologi, Eric Schmidt, untuk memberikan supervisi yang diperlukan untuk membuat Google menjadi perusahaan yang sukses seperti sekarang.

mark zuckerberg3. Mark Zuckerberg, CEO, Facebook

Pikirkan jangka panjang, bukan kepuasan yang cepat. Orang yang sukses biasanya akan tergoda menjual perusahaannya, lalu menciptakan bisnis lain yang lebih hebat. Zuckerberg pun telah berulang kali menerima kesempatan untuk menjual social media-nya kepada peminat yang berani membeli dengan harga tinggi. Namun ia bertahan, karena percaya bahwa akan ada potensi yang lebih besar dan lebih baik di masa depan. Intuisinya tepat. Banyak analis bisnis memperkirakan nilai Facebook mencapai 100 milyar dollar saat ini.

Untuk bisa menjadi CEO seperti ketiga orang tersebut memang tidak mudah. Apalagi bagi Anda yang merintis karir dari bawah, pasti akan ada halangan serta rintangan yang akan dihadapi. Semua tergantu Anda, apakah Anda mampu melewati rintangan tersebut atau malah jatuh karenanya.

Comment di sini