Jokowi Janjikan Rata-rata Rp 1,4 Miliar per Desa

by
July 4th, 2014 at 11:26 am

Jakarta (CiriCara.com) – Calon presiden Joko Widodo alias Jokowi punya 9 program nyata jika terpilih menjadi presiden menggantikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Dari sembilan program tersebut, salah satunya adalah pengalokasian dana untuk setiap desa.

joko widodo

Jokowi salam 2 jari – Ist

Dalam orasinya di hadapan ribuan massa yang hadir di Lapangan Kerkop, Garut, Jawa Barat, Jokowi mengatakan bahwa dana desa itu rata-rata Rp 1,4 miliar per tahun. Menurut Jokowi, peraturan besaran dana untuk desa tersebut sesuai dengan Undang Undang (UU).

Saya tadi dibilangin sama Mas Budiman (politisi PDIP sekaligus pimpinan Pansus RUU Desa di DPR) kalau dana desa itu rata-rata bisa Rp 1,4 miliar pertahun berdasarkan undang undang. Kalau terlaksana, tolong masyarakat ikut membantu ya,” kata Jokowi di depan pendukungnya yang mayoritas adalah masyarakat pedesaan, Kamis (3/7/2014), kemarin.

Lebih lanjut, Jokowi menjelaskan bahwa dana desa tersebut bisa digunakan untuk membangun irigasi di sawah. Seiring dengan bertambahnya pembangunan irigasi di desa-desa, maka sawah di Indonesia akan semakin luas dan masyarakat desa bisa sejahtera.

Juga akan dibangun 25 bendungan yang akan mengairi sawah,” ujar Jokowi, yang dalam kesempatan yang sama mendapat gelar kehormatan Ki Jaka Winata dari tokoh adat Pasundan Ki Ade Suherlin.

Dana desa Jokowi - Ist

Dana desa Jokowi – Ist

Meskipun demikian, bukan berarti setiap desa akan mendapat Rp 1,4 miliar pertahun. Nantinya, besarnya dana yang di terima suatu desa disesuaikan dengan luas daerah, jumlah penduduk, dan tingkat kemiskinannya.

“Jadi (Rp 1,4 miliar) ini rata-rata ya karena disesuaikan dengan jumlah penduduk dan luas wilayah masing-masing desa. Jadi ada yang dapat Rp 800 juta, ada yang Rp 2 miliar. Jadi bukan dipukul rata, tapi rata-rata ini saja sudah lebih dari Rp 1 miliar,” jelas anggota tim pemenangan Jokowi-JK, Budiman Sudjatmiko.

Sementara itu, kubu Prabowo-Hatta sendiri telah lebih dulu menyerukan program pemberian dana desa sebesar Rp 1 miliar per desa, jika dirinya terpilih jadi presiden. Namun, program ini masih dikritisi oleh pihak Jokowi karena dinilai tidak sesuai dengan UU.

(YG)

Comment di sini