Mengapa Cewek Jomblo Tetap Jomblo?

by
July 4th, 2014 at 9:01 am

CiriCara.com - “Apa yang salah dengan saya? Sudah bertahun-tahun hadir di bumi tapi tidak pernah satu pun memiliki hubungan romantis.” Pertanyaan ini umum dilontarkan cewek jomblo berkali-kali pada dirinya sendiri.

Cewek jomblo / Ist.

Cewek jomblo / Ist.

Secara garis besar jomblo abadi bukan karena cewek terisolasi dari spesies cowok atau karena tidak peduli pada hal bodoh yang namanya cinta. Alasan umum yang menjadi penyebab adalah sang cewek tidak terlalu mengkomitmenkan waktu, emosi, dan uang kepada suatu hubungan dengan satu orang, sementara ia punya banyak teman dengan keberagaman minat yang membuatnya tetap sibuk dan bahagia.

Jadi, artikel ini tidak akan memberitahu Anda tentang cara berpenampilan, diet, atau bla..bla..bla.. untuk menghindari jomblo. Namun lebih kepada menjawab alasan kenapa Anda “betah jomblo”—yang mana sebenarnya bukan suatu penyakit kronis untuk segera disembuhkan.

Tidak betah dalam suasana canggung

Anda bukan orang pertama yang mengalami canggung saat kencan pertama, dan mungkin beberapa kencan selanjutnya. Kecil kemungkinannya pada kencan pertama Anda akan langsung klik. Singkirkan angan-angan kencan pertama yang sempurna dan romantis, kalau tidak ingin kecewa.

Mengetahui tidak sedang hangout dengan teman pasti akan mengubah cara Anda memperlakukan satu sama lain. Pertanyaan dan jawaban canggung akan sering muncul pada suasana seperti ini. Dan umumnya cewek, atau semua orang, tidak menyukai hal seperti ini. Kita akan lebih memilih nonton DVD di rumah atau hangout rame-rame dengan teman. Daripada “terpenjara” dalam situasi tersebut, kemudian bertanya-tanya “Apakah dia menyukaiku?” “Apakah aku membuatnya bosan?” Cewek umumnya memilih menghindarinya, yang kemudian berakhir pada menghindari kencan itu sendiri.

Takut gagal dan terluka

“Cukup menakutkan untuk bermimpi terlalu tinggi, dimana terdapat kemungkinan akan jatuh dengan keras.”

Seiring menuju kedewasaan, kita makin mengetahui bahwa banyak hal tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Tidak semua cerita adalah Cinderella Story “…and they live happily ever after…” dan itulah realita yang umum dipegang. Intinya adalah hal ini yang menjadi “waspada” paling mendasar dalam menjalin hubungan. Belum siap menghadapi kemungkinan terburuk, ketakutan akan patah hati, dan lain-lain akan membuat seseorang tetap berada pada safe zone.

Belum menemukan orang yang tepat

Poin ini yang menurut saya sangat kompleks. Suatu hal yang wajar kalau cewek mencari cowok yang sesuai dengan selera mereka. Bukan hal yang “muluk-muluk” kalau seseorang ingin mendapatkan sesuatu sesuai selera, bukan Mr. Perfect dalam artian global namun Mr. Perfect menurut selera.

Tetapi ironisnya, saat bertemu Mr. Perfect versi mereka umumnya cewek malah mundur beberapa langkah dengan ketakutan atau keraguan yang lebih besar. Dibayangi oleh takut dan gagal yang dipaparkan pada poin sebelumnya, dalih “He’s too good for me” atau semacam itu akan menjadi pilihan, dan membuat mereka kembali ke safe zone.

Takut salah pilih

Ada ketakutan seperti ini; Merasa itu cinta, tetapi kemudian mengetahui ternyata bukan. Karena salah mengambil keputusan, kemudian tidak tahu bagaimana mengakhiri tanpa merusak tali silaturahim. Dari ketakutan ini kemudian muncul enggan melanjutkan sesuatu yang bahkan belum dimulai.

Dilema yang ada pada ketakutan seperti ini adalah, bagaimana Anda tahu itu salah pilih sebelum menjalani proses yang akhirnya memberi tahu Anda kalau he’s not the one?

cewek lagi jomblo

Jomblo itu bebas – Ist

Tidak merasa hampa dalam jomblo

Pada dasarnya Anda baik-baik saja, bahagia dengan kondisi sekarang. Memang sesekali terpikir mengenai status single Anda, namun tidak desperately membutuhkan pasangan atau melihat memiliki pasangan sebagai suatu keharusan.

Apabila Anda merasa sebagai tipe cewek seperti ini dan bertanya, “Apakah ada yang salah dengan hal tersebut?” Maka dengan jujur lontarkan pertanyaan itu pada diri Anda sendiri “Apakah Anda melihat hal semacam itu salah?” Karena hal ini bisa dilihat dari sisi “cewek single yang mandiri dan kuat” atau in denialFix it when you think it need to be fixed, and don’t when you think nothing broken.

Comment di sini