Mengenal Cara Kerja Mesin Cuci

by
July 4th, 2014 at 10:42 am

CiriCara.com – Mesin cuci sudah menjadi bagian dari hidup yang memudahkan pekerjaan kita sehari-hari.Hanya dengan menekan beberapa tombol, mesin ini membersihkan pakaian kotor kita dengan waktu yang relatif singkat dengan ajaibnya. Secara garis besar, mesin cuci dapat membersihkan pakaian dengan menggabungkan energi panas dari air, energi kimia dari deterjen dan energi mekanik dari gerakan mesin cuci itu sendiri. Tapi sebenarnya apa sih yang terjadi di dalam mesin cuci? Mungkin tidak banyak dari kita yang tahu bagaimana cara mesin cuci bekerja. Yuk, mari kita liat penjelasan berikut ini.

Mesin cuci - Ist

Mesin cuci – Ist

Saat kita menekan tombol yang diinginkan, mesin akan mengenali siklus pencucian yang dipilih. Dengan otomatis mesin akan menentukan suhu air yang sesuai, lamanya pencucian, pengaturan pemberian deterjen dan pemutih, serta gerakan pencucian. Sebagai contoh, jika kita menekan siklus pencucian cepat (quick wash) maka mesin akan otomatis mencuci dengan suhu sekitar 40 derajat dan dalam waktu kurang lebih 30 menit. Pilihan pencucian pada mesin cuci front loading lebih bervariasi, oleh karenanya harga mesin cuci front loading biasanya lebih mahal jika dibandingkan mesin cuci top loading. Jika Anda masih bingung menentukan mesin cuci yang sesuai atau merasa harga mesin cuci front loading kurang sesuai budget Anda, baca tipsnya di sini untuk membantu Anda menentukan pilihan.

Setelah kita menekan tombol Start, mesin akan mulai beroperasi membersihkan pakaian yang kotor di dalamnya dengan tahap-tahap berikut ini. Cara kerja mesin cuci yang dibahas berikut ini adalah cara kerja mesin cuci front loading dan top loading dengan satu pintu (otomatis). Untuk mesin cuci semi otomatis seperti mesin cuci top loading dengan dua tabung, perbedaannya terletak pada proses pemerasan (spinning) yang dilakukan di tabung kedua.

1. Mengisi dan mencampur air

Mesin cuci akan mengisi tabung dengan air dari selang pengisian dan mencampurnya dengan deterjen dari dalam laci deterjen. Cara kerja mesin cuci front loading dan top loading dalam mengisi tabung sedikit berbeda. Jika mesin front loading dengan pintar akan menentukan jumlah air yang masuk, mesin top loading biasanya mempunyai sensor pengisian di dalam tabung yang akan memberhentikan pengisian jika sudah mencapai level tertentu.

2. Mencuci dan mengucek

Dalam tahap ini, mesin akan membantu melepaskan noda yang melekat dengan membolak-balikkan cucian ke segala arah dan mencampur deterjen dengan air. Ini akan dilakukan dengan menggunakan bantuan agitator. Jika kita mencuci tangan, hal ini sama seperti mengucek pakaian. Agitator ini digerakkan oleh sumber tenaga berupa motor listrik. Pada mesin cuci top loading, biasanya agitator ini akan terlihat dengan jelas karena terletak di bagian tengah tabung. Namun pada mesin cuci front loading, gerakan agitasi ini ditimbulkan dari gerakan/putaran tabung secara keseluruhan.

3. Pembilasan

Setelah mesin selesai mengagitasi pakaian untuk membersihkannya, air bercampur deterjen hasil pencucian akan dikeluarkan dari mesin melalui selang pembuangan. Untuk proses pembilasan, mesin akan mengisi tabung dengan air bersih dan kembali mengagitasi pakaian untuk memastikan deterjen terbilas oleh air dan tidak tertinggal di kain.

4. Berputar untuk memeras pakaian

Pada bagian ini, tabung mesin cuci berputar dengan cepat biasanya antara 400 hingga 800 rpm (putaran per menit). Semakin cepat tabung mesin cuci berputar, maka akan semakin cepat pula air terperas dari pakaian. Semakin banyak air yang terperas dari pakaian, maka pakaian akan lebih cepat kering saat dijemur nanti. Selalu merujuk kepada label perawatan pakaian, karena beberapa bahan tidak boleh diputar terlalu cepat karena dapat merusaknya.

memakai mesin cuci

Mesin cuci – Ist

5. Mengeringkan

Untuk beberapa mesin cuci jenis tertentu yang sudah dikombinasikan dengan pengering, siklus akan dilanjutkan dengan proses pengeringan menggunakan suhu tertentu.

Menarik bukan? Tentunya teknologi yang mendukung cara kerja mesin cuci tidak berhenti disini. Bukan tidak mungkin di masa yang akan datang  teknologi akan lebih canggih dan semakin memudahkan pengguna mesin cuci.

Comment di sini