Indovidgram Komunitas Kreatif Anak Indonesia

by
July 7th, 2014 at 11:13 am

CiriCara.comInstagram merupakan salah satu akun di sosial media yang sangat berkembang dan popular beberapa tahun belakangan ini. Aplikasi ini memungkinkan para penggunanya untuk meng-upload foto dan juga video yang berdurasi maksimal 15 detik.

instagram

Instagram – Ist

Beberapa bulan belakangan ini banyak bermunculan video-video kreatif dan lucu di jejaring sosial instagram, yang tidak lain merupakan hasil kreatifitas anak-anak muda Indonesia. Tren ini pun semakin popular karena semakin meningkatnya anak-anak muda Indonesia lainnya yang ikut bergabung dalam aksi unjuk kreatifitas lewat video di instagram ini. Anak-anak muda ini telah tergabung dalam komunitas yang mereka namai “Indovidgram”.

Apa sih Indovidgram itu?

Indovidgram sendiri merupakan singkatan dari “Indonesia Video Instagram” dimana dalam komunitas ini orang-orang bisa meng-upload video kreatif mereka yang berdurasi maksimal 15 detik dengan tujuan menghibur dan saling menunjukan kreatifitas. Komunitas ini muncul sekitar bulan Februari 2014 yang awalnya itu dipelopori oleh 8 orang anak-anak muda kreatif Indonesia, yaitu @benakribo, @marloernesto, @vendryana, @Chandraliow, @aulion, @moinblog, @ardinhai, dan @dhinoharyoo.

Gimana Sih Konsep Komunitas Indovidgram Ini?

Konsep Indovidgram ini merupakan komunitas bebas untuk siapa saja. Mereka membagi anggota menjadi dua jenis, yaitu creator and watcher. Orang-orang bisa bergabung dengan komunitas ini hanya dengan mengisi form disini http://bit.ly/joinIVG.
Di akun Indovidgram sendiri setiap harinya akan diupload minimal dua video baru. Satu video hasil karya dari salah satu foundernya, sedangkan satu atau dua video lainnya dari followers mereka yang sudah mengirimkan video hasil kreatifitas mereka masing-masing. Cara mengirimkan videonya pun terbilang sangat mudah, cukup tambahkan hashtag #indovidgram lalu mention @indovidgram di Instagram. Setelah itu video yang sudah diterima akan diseleksi untuk dipilih video mana yang akan di-featured di akun instagram @indovidgram.

Bagaimana Perkembangan Indovidgram ini dikalangan masyarakat?

Perkembangan komunitas Indovidgram ini cukup pesat. Setelah dibuat akun @indovidgram secara resmi pada tanggal 6 April 2014 hingga saat ini tercatat followers Indovidgram sudah mencapai lebih dari 109.000 followers. Seiring meningkatnya jumlah anak-anak muda yang tertarik untuk bergabung dengan komunitas Indovidgram ini, komunitas ini pun telah mengadakan pertemuan untuk pertama kali yang berlokasi di Monas dengan tujuan untuk saling mengenal satu sama lain antar anggota komunitas.

Menurut @devymeliap salah satu pengguna akun instagram yang tergabung dalam komunitas Indovidgram, kegiatan membuat video ini sangat menyenangkan. “Lewat akun @indovidgram ini, gue jadi bisa menunjukan kreatifitas dan ide-ide yang fresh, dan dalam proses pembuatannya gue juga banyak belajar tentang cara-cara meng-edit video. Selain itu dengan adanya akun @indovidgram ini juga membantu gue menghilangkan stress, karena sangking lucunya video-video yang diupload di akun @indovidgram ini bisa bikin gue lupa sama masalah-masalah yang ada” ujar gadis yang sekarang duduk di tingkat Sekolah Menengah Atas ini.

Semoga dengan adanya komunitas Indovidgram ini anak-anak muda Indonesia bisa menyalurkan kreatifitas mereka dengan cara yang positif dan tentunya bisa menginspirasi anak-anak muda lainnya. Banyak hal-hal yang bisa kita lakukan untuk menyalurkan kreatifitas, nah Indovidgram ini merupakan salah satu wahana yang tersedia untuk mengasah kreatifitas anak-anak bangsa melalui video instagram.

Karina Oktaviani Sugianto
The London School of Public Relations – Jakarta

Comment di sini