Keliru Sebut Adipura dengan Kalpataru, Hatta Dikritik

by
July 7th, 2014 at 9:12 am

Jakarta (CiriCara.com) – Debat capres-cawapres putaran terakhir yang berlangsung pada Sabtu (5/7/2014) lalu, nampaknya menjadi bumerang bagi pasangan Prabowo-Hatta. Pasalnya dalam debat tersebut, Hatta salah dalam menyebut Adipura dengan Kalpataru.

hatta rajasa

Hatta Rajasa dalam debat capres-cawapres – Ist

Seperti diketahui, Hatta sempat bertanya kepada capres Joko Widodo atau Jokowi soal mengapa Solo (yang dulu dipimpin Jokowi) tidak pernah mendapat pernghargaan Kalpataru. Menyadari ada kekeliruan, kubu Jokowi-JK pun menanggapinya dengan dingin.

Saya ingin menanggapi, pertanyaan Bapak bagus, cuma keliru. Kalau kota itu bukan Kalpataru, tapi Adipura,” jawab JK sambil tertawa dalam debat yang disiarkan secara langsung di sejumlah televisi nasional tersebut.

Pasalnya, Kalpataru adalah penghargaan yang diberikan kepada perorangan atau kelompok atas jasanya dalam melestarikan lingkungan hidup di Indonesia. Sementara Adipura adalah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan.

Itu artinya, penggunaan Kalpataru dalam pertanyaan Hatta mengenai Solo itu tidak tepat, seharusnya Adipura.

“Sangat disayangkan hal itu bisa terjadi, apakah tim suksesnya tidak tahu beda Kalpataru dan Adipura, sehingga Hatta menanyakan hal itu, yang akhirnya enggan dijawab cawapres Jusuf Kalla,” ujar Pengamat Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Ikrar Nusa Bhakti.

Ikrar juga menilai bahwa kesalahan juga dilakukan oleh tim sukses Prabowo-Hatta. Ia menduga data yang diberikan timses Prabowo-Hatta tidak lengkap sehingga cawapres Hatta bisa keliru dalam menyampaikan pertanyaannya.

“Mungkin timsesnya tidak menyiapkan data dan pertanyaan yang tepat untuk menghadapi debat kali ini,” ujar Ikrar, seperti dikutip dari Antara, Senin (7/7/2014).

Sementara itu, politisi PDIP Tubagus Dedi S Gumelar atau yang akrab disapa Miing pun ikut mengkritik Hatta. Menurutnya sebagai salah satu orang yang sudah lama menjabat di pemerintahan, seharusnya Hatta bisa membedakan antara Kalpataru dengan Adipura.

“Serangan tajam yang ditujukan ke Jokowi oleh Hatta berujung fatal. Hatta salah memberikan pertanyaan karena tanpa mampu membedakan apa itu Adipura dan Kalpataru,” kata Miing menanggapi kekeliruan pertanyaan Hatta tersebut.

Bagaimana dengan pendapat Anda? (YG)

Comment di sini