Tetap Main Sinetron, Wagub Deddy Mizwar Dikritik

by
July 7th, 2014 at 5:04 pm

Jakarta (CiriCara.com)Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat Deddy Mizwar kembali muncul di sinetron spesial Ramadan, “Para Pencari Tuhan” yang tayang di SCTV. Keputusan Deddy untuk tetap menjadi pemain sinetron walau sudah jadi Wagub Jabar ini pun menuai kritik.

deddy mizwar

Wagub Jawa Barat, Deddy Mizwar – Ist

Aktivis Indonesia Corruption Watch (ICW) Emerson Yuntho menilai seharusnya Deddy fokus pada pekerjaannya dalam melayani rakyat sebagai Wagub Jabar. Emerson pun mendesak agar Deddy segera memilih, jadi pemain sinetron atau tetap jadi Wagub Jabar.

Deddy harus memilih, jadi Wagub Jabar atau jadi pemain sinetron,” ujar Emerson di Jakarta, seperti dikutip dari detik.com, Senin (7/7/2014).

Menurut Emerson, apa yang dilakukan Deddy tersebut rawan konflik kepentingan dan rawan gratifikasi. Mengingat, saat ini Deddy tercatat sebagai salah satu pejabat pemerintahan yang menjabat sebagai Wagub Jabar.

Walaupun tidak dilarang Undang-Undang, lanjut Emerson, seharusnya Deddy sadar bahwa jabatan Wagub Jabar adalah amanah dari masyarakat yang harus dilaksanakan dengan baik. Karenanya, Emerson meminta agar Deddy memilih salah satunya.

“(Kalau) tidak mau meninggalkan profesi artisnya, lebih baik Deddy mundur saja dari jabatan Wagub,” tegas Emerson.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi mengaku tidak bisa melarang Deddy untuk bermain sinetron. Pasalnya tidak ada peraturan dalam Undang-Undang yang melarang seorang pejabat untuk syuting sinetron.

“Memang tidak ada peraturan yang tegas soal itu dan tidak dimuat dalam UU. Boleh atau tidak, belum ada aturan yang tegas,” ujar Gamawan di Kantor Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta.

para pencari tuhan

Sinetron Para Pencari Tuhan – Ist

Gamawan menjelaskan bahwa di dalam UU hanya dijelaskan bahwa pejabat dilarang menjadi komisaris dari suatu perusahaan atau yayasan. Menurutnya hal itu jelas dilarang dalam UU, namun belum ada UU yang melarang pejabat jadi artis.

“Yang tidak boleh itu berbisnis kemudian jadi pengurus-pengurus yayasan,” jelasnya.

Namun, kesibukan Deddy dalam syuting sinetron diharapkan tidak mengganggu tugasnya sebagai Wagub Jabar. Gamawan hanya bisa berharap Deddy tidak lupa dengan tugas dan kewajibannya sebagai salah satu pemimpin di Jawa Barat.

Bagaimana menurut Anda? (YG)

Comment di sini