Tips SEO (Google, Yahoo dan Bing)

by
July 7th, 2014 at 9:57 am

CiriCara.com - Secara definitif, SEO (Search Engine Optimization) adalah proses mempengaruhi tingkat visibilitas sebuah website atau halaman web di mata mesin pencari (Google, Yahoo, Bing) melalui cara alami atau tidak berbayar (istilah yang umum digunakan organic). Target umum SEO adalah meletakkan link website atau halaman web pada list teratas dari hasil mesin pencarian.

Tips SEO Google, Yahoo, dan Bing - Ist

Tips SEO Google, Yahoo, dan Bing – Ist

Logika umumnya adalah semakin tinggi peringkat website atau halaman web pada list hasil pencarian, menandakan semakin populer website atau halaman web tersebut di mata pengguna, semakin mudah pengguna menemukannya karena berada di halaman pertama, dan semakin banyak pengguna yang akan mengakses website atau halaman web tersebut. Dan dalam praktek, pentingnya SEO dapat dikerucutkan pada tiga hal: brand awareness, internet marketing, dan online income.

Lalu bagaimana pengimplementasian Search Engine Optimization untuk mencapai hal tersebut? Berikut akan penulis paparkan beberapa cara mudah meningkatkan SEO.

Konten adalah Raja

Konten adalah bagian terpenting dalam strategi SEO, baik buruknya konten sebuah halaman web mempengaruhi tingkat popularitas sebuah website. Mesin pencarian saat ini sudah sangat berkembang dan sangat memperhatikan konten dari sisi unique content (konten bukan merupakan duplikat dari website lain).

Prinsip dari unique content ini “first come first serve,” maka website yang memposting konten pertama kali disebut unique dan website yang memposting konten sama tertanggal setelah itu akan di cap duplikat. Konten duplikat memiliki nilai buruk dan mempengaruhi peringkat website Anda di mesin pencarian, khususnya Google. Oleh karena itu pastikan konten Anda unique dan fresh. Tool yang bisa sangat membantu Anda dalam konteks ini adalah copyscape.com, yang berfungsi sebagai alat pendeteksi plagiat atau konten duplikat.

Hal kedua yang perlu diperhatikan dari konten website, khususnya yang berbentuk artikel, adalah cara penulisan yang baik, jangan menulisnya terlalu pendek(min. 500 kata), dan memiliki keyword yang menjadi fokus.

Sementara tips untuk keyword adalah sebaiknya jangan menggunakan keyword yang terdiri satu kata saja, gunakan frase atau lebih dari satu kata. Makin banyak kata yang ada pada keyword Anda semakin berkualitas keyword tersebut. Plus, jangan hanya “memprediksi” keyword, tetapi cek menggunakan tool yang telah disediakan oleh Google bernama Adwords.

Backlink adalah Ratu

Apabila konten adalah raja, maka backlink adalah ratunya. Gampangnya, Backlink adalah link menuju website Anda dari website lain. Dan backlink yang bagus adalah link dari website yang sudah sangat populer. Anda pasti sering melihat post, tweet, dan lain-lain yang mencantumkan link ke website lain pada media sosial populer, itu adalah salah satu bentuk dari meningkatkan backlink sebuah website.

Desain website dengan memperhatikan SEO

Apabila Anda membangun sebuah website, atau menggunakan jasa orang lain, pastikan pihak yang mengembangkan website tersebut memahami SEO, atau setidaknya mengetahui dasar tentang SEO. Ambil contoh, penulis banyak menemukan website yang berisi full gambar. Pada satu halaman berisi satu atau lebih file gambar saja, dan di dalam gambar tersebut berisi teks, tabel, gambar dan lain-lain. Jadi sang pengembang mendesain melalui Photoshop atau software editor gambar lainnya, kemudian meletakkannya di halaman page. Atau ada juga satu website menggunakan full flash yang indah.

Dari sisi desain memang bisa dibilang bagus, tetapi dari sisi SEO halaman seperti ini sangat buruk. Mesin pencarian membaca teks bukan gambar atau flash! Apabila Anda membangun sebuah website yang SEO friendly, sangat lebih baik apabila menggunakan gambar dan flash untuk merepresentasikan fungsinya memperindah website disertai dengan teks.

halalgooglingSubmit website

Apabila Anda selesai membangun website baru Anda, pastikan untuk submit website baru tersebut ke beberapa mesin pencari populer:

  • Untuk search engine Google, submit ke Google Webmasters (http://www.google.com/webmasters/)
  • Bing submit website bisa ditemukan di sini: http://www.bing.com/toolbox/submit-site-url

Catatan: Yahoo search engine saat ini terintegrasi dengan Bing, bisa dilihat pada bagian bawah halaman hasil pencarian Yahoo tertulis “Powered by Bing.” Plus halaman dimana dulu bisa submit website ke Yahoo Search (http://search.yahoo.com/info/submit.html) sekarang mengarahkan ke link submit Bing yang penulis sebutkan di atas.

Tujuan dari submit website ke mesin pencarian, khususnya website baru, adalah mempercepat website Anda ter-index di mesin pencarian tersebut.

Comment di sini