Cara Membuat Obat dari Kulit Buah Manggis

by
July 10th, 2014 at 10:46 am

CiriCara.com – Manggis merupakan sejenis pohon hijau abadi dari daerah tropika yang diyakini berasal dari Nusantara. Buah manggis mempunyai warna yang unik, warnanya merah keunguan ketika matang, dan ada juga yang bervariasi dengan kulit berwarna merah yang dikenal dengan “ratu buah”. Tidak hanya rasa buah yang enak, ternyata kulitnya juga banyak manfaatnya loh dan banyak dicari banyak orang.

manggis

Buah manggis – Ist

Kulit buah manggis mempunyai kandungan senyawa xanthone yang saat ini banyak dikembangkan dan diproduksi dalam bentuk sirup, yang kemudian terkenal dengan nama sirup xanthone. Sirup ini sangat terkenal karena mengandung zat antioksidan yang dapat melawan radikal bebas. Beberapa penelitian menunjukkan, senyawa ini memiliki sifat sebagai antidiabetes, antikanker, anti peradangan, antibakteri, antifungi, antiplasmodial, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Itu artinya, kulit buah manggis itu memang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Jadi, selain menkonsumsi buahnya yang punya rasa manis, tidak ada salahnya jika kamu juga memanfaatkan kulit buah manggis untuk mendapatkan kandungan di dalamnya.

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari kulit buah manggis dan bagaimana cara mengolah kulit buah manggis menjadi obat. Semoga dapat digunakan dan bermanfaat:

1. Untuk kolestrol

Bagi kamu yang memiliki kolestrol tinggi, kamu bisa mencoba ramuan dari kulit manggis ini. Kupas 2 buah kulit manggis, lalu ambil bagian dalam dan potong-potong kecil. Tambahkan air hangat 1/3 gelas dan blender atau remas-remas hingga lembut. Saring lalu tambahkan gula aren dan biarkan sampai airnya membeku. Makan air kulit manggis yang telah membeku tersebut sebanyak 1-3 kali sehari.

Ramuan kulit buah manggis ini dipercaya bisa mengobati penyakit kolestrol.

2. Untuk diabetes

Kulit buah manggis juga dapat mengatasi penyakit diabetes yang saat ini sudah banyak menyerang masyarakat di Indonesia. Cara membuat ramuan kulit buah manggis; ambil 2 buah kulit manggis lalu bagian kerasnya dibuang. Remas kulit manggis tersebut dengan 1/3 gelas air hangat, setelah itu saring airnya dan tambahkan madu (murni) secukupnya. Air tersebut bisa diminum hingga 1-2 kali dalam sehari.

3. Untuk penyakit disentri

Masalah penyakit disentri sekarang dapat diatasi dengan kulit buah manggis. Cara membuat ramuannya; siapkan kulit buah manggis, lalu potong dan rebus dalam empat gelas air. Biarkan air yang tersisa hanya setengahnya. Angkat dan dinginkan air rebusan kulit manggis tersebut lalu saring, bisa tambahkan madu dan Anda bisa meminum ramuan ini sebanyak 2 kali sehari.

4. Untuk diare

Buat kamu yang mengalami diare, kulit buah manggis ini juga bisa dijadikan sebagai obat. Caranya, cuci kulit manggis lalu dipotong-potong dan direbus dalam empat gelas air. Setelah mendidih dan air rebusan tersisa sedikit, angkat dan dinginkan. Setelah dingin kemudian disaring dan bisa tambahkan madu dan minum 2 kali sehari.

Kulit buah manggis - Ist

Kulit buah manggis – Ist

5. Untuk penyembuhan sariawan

Langkah cara membuat ramuan juga sama, hanya saja airnya digunakan untuk berkumur.

6. Untuk kanker

Banyak penelitian mengenai khasiat kulit manggis bagi pengobatan herbal terus dilakukan. Hal terakhir yang cukup menggembirakan adalah bahwa kulit manggis diharapkan bisa menjadi solusi untuk mengatasi berbagai penyakit berat mematikan seperti kanker.

Itulah beberapa manfaat dari kulit buah manggis dan cara membuat ramuan dari kulit buah manggis. Semoga dengan adanya penjelasan di atas, informasi obat herbal kamu bisa semakin bertambah. Jadi, saat kamu terserang suatu penyakit, kamu tidak perlu lagi menkonsumsi obat yang berbahan kimia.

Comment di sini