Daftar Situs 11 Lembaga Survei Penggelar Quick Count Pilpres 2014

by
July 10th, 2014 at 4:28 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Pemilu Presiden RI 2014 yang berlangsung pada Rabu (9/7/2014) kemarin diramaikan dengan munculnya 11 lembaga survei yang mengadakan hitung cepat atau quick count. Masing-masing lembaga survei itu pun mengeluarkan hasil quick count yang berbeda-beda.

prabowo jokowi

Prabowo-Hatta vs Jokowi-JK – Ist

Empat lembaga survei mendadak jadi perhatian masyarakat karena merilis data hasil quick count yang berbeda dimana Prabowo Subianto-Hatta Rajasa menjadi capres-cawapres pemenang versi quick count. Padahal 7 lembaga lainnya mengeluarkan hasil quick count dengan Jokowi-JK sebagai pemenangnya.

Ke-4 lembaga tersebut adalah Indonesia Research Center (IRC), Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis), Lembaga Survei Nasional (LSN), dan Jaringan Suara Indonesia (JSI).

Seperti dilansir Kompas.com, dari penelusuran melalui situs web resmi dari masing-masing lembaga survei, beberapa diantaranya ada yang terbilang jarang memperbarui konten di situs web mereka. Padahal, di era yang serba digital ini umumnya hasil survei ataupun kegiatan lembaga survei itu selalu diunggah ke situs web.

Bahkan, situs resmi dari lembaga survei Puskaptis diketahui menggunakan alamat dengan domain gratis, WordPress.com yang umumnya dipakai pada pembuat blog pribadi. Sementara situs resmi lembaga survei IRC tidak bisa diakses dengan keterangan “403 Forbidden”.

Untuk mengetahui profil dari masing-masing lembaga survei menyelenggarakan quick count Pemilu Presiden 2014, Anda bisa langsung mengunjungi situs resminya. Berikut daftar situs resmi 11 lembaga survei penyelenggara quick count Pilpres 2014, seperti dikutip dari Kompas.com:

1. Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis): http://puskaptis.wordpress.com/
2. Indonesia Research Center (IRC): http://indonesiariset.com/
3. Jaringan Suara Indonesia (JSI): http://jsi-riset.com/
4. Lembaga Survei Nasional (LSN): http://www.lsn07.com/
5. Litbang Kompas: http://www.kompas.com/
6. Lingkaran Survei Indonesia (LSI): http://www.lsi.co.id/
7. Indikator Politik Indonesia: http://www.indikator.co.id/
8. Populi Center: http://www.populicenter.org/
9. Centre for Strategic and International Studies (CSIS): http://www.csis.or.id
10. Radio Republik Indonesia: http://www.rri.co.id/
11. Saiful Mujani Reasearch Center (SMRC): http://www.saifulmujani.com/

(YG)

Comment di sini