Fakta Unik Tentang Senyuman

by
July 10th, 2014 at 12:57 pm

CiriCara.com – Siapa sangka bahwa sebuah lengkungan manis di wajah dapat menjadi berjuta-juta arti, berjuta-juta tanda, berjuta-juta misteri di dalamnya. Sebuah respon positif dimana semua orang akan menyambut hal tersebut secara senang, gembira, dan bahagia. Lain hal dengan cemberut, memasang muka cemberut akan membuat kita beresiko besar terkena penyakit serangan jantung.

Senyuman – Ist

Selain bisa menjadi penanda seseorang sedang merasa bahagia, senyuman juga bisa membuat Anda terlihat lebih segar dan berseri. Orang yang murah senyum akan dipandang sebagai orang yang sopan dan ramah terhadap orang yang ada di sekitarnya. Karena itu, tersenyumlah!

Tidak hanya membuat Anda terlihat lebih ramah dan sopan, ternyata senyuman juga mempunyai sejumlah fakta menarik lainnya. Beberapa di antaranya bahkan ada yang menyebutkan bahwa senyuman bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Tidak percaya?

 

Berikut ini adalah manfaat dan juga beberapa fakta unik mengenai senyuman.

Senyuman dapat memperpanjang usia

Sebuah penelitian di tahun 2010 menemukan bahwa kekuatan senyuman 150 pemain Major League Baseball dibandingkan dengan panjang usia mereka. Penelitian tersebut dilakukan berdasarkan pada 150 foto-foto mereka dari tahun 1952. Mereka yang dianggap memiliki senyum asli, dan berseri memiliki hidup rata-rata selama 80 tahun. Mereka yang hanya setengah tersenyum, hidup sampai sekitar usia 75 tahun. Sisanya yang sama sekali tidak tersenyum masuk dalam kelompok usia 72 tahun. Sebenarnya tersenyum bukanlah suatu acuan untuk memperpanjang umur, namun sebuah senyuman menunjukkan bagaimana orang-orang itu menjalani hidup mereka.

Sebuah senyuman setara 2000 batang cokelat

Senyum merangsang sistem stimulasi otak lebih baik dibandingkan makanan manis. Penelitian di Inggris menemukan bahwa satu senyuman dapat menghasilkan tingkatan yang sama dengan 2000 batang cokelat dalam hal stimulasi otak.

Senyum bisa menular

Tersenyum tak hanya mengubah suasana hati orang tersebut, tapi tersenyum juga bisa membuat orang-orang disekitarnya, dan membuat hal-hal menjadi lebih bahagia. Ini karena senyum bisa menular dan membawa kebahagiaan bagi orang lain.

Tren senyum presiden

Sampai awal abad kedua puluh, senyum para pemimpin negara-negara di dunia merupakan hal yang langka untuk dilihat, menurut University kertas Willamette pada penelitiannya mengenai perubahan konsepsi kepresidenan AS. Presiden sengaja tidak tersenyum di depan umum dengan tujuan agar terlihat serius. Hal ini mulai berubah dengan tersenyumnya Theodore sebagai presiden pertama yang pernah difoto dengan senyum lebar dan menjadi pembicaraan hangat di surat kabar.

Kenapa kita harus tersenyum?

Kenapa kita harus tersenyum? / Ist.

Anak kecil lebih banyak tersenyum

Berdasarkan penelitian TED, anak-anak tersenyum sebanyak 400 kali sehari lebih banyak dibandingkan orang dewasa yang hanya tersenyum lebih dari 20 kali sehari. Anak-anak pada dasarnya lahir dengan senyuman. Gambar 3D USG menunjukkan janin tengah tersenyum di dalam rahim. Bayi yang baru lahir biasanya tersenyum beberapa hari sebelum dilahirkan, dan saat berumur enam minggu, bayi akan tersenyum saat mereka melihat langsung orang tuanya.

Senyum dapat melepaskan endorfin, penghilang rasa sakit dan serotonin

Sebuah studi telah menemukan bahwa sebuah senyuman dapat melepaskan endorfin di dalam tubuh kita. Endorfin adalah sebuah hormon yang bisa mengurangi rasa sakit secara alami dan serotonin. Ketiganya bisa membuat orang merasa lebih baik dan sebagai obat yang alami.

Itu lah beberapa fakta unik mengenai senyuman. Bagaimana? Apakah Anda masih meragukan kekuatan senyuman?

Comment di sini